Skripsi
STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI SE-KOTA KUPANG
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran guru fisika SMA Negeri Se-Kota Kupang dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa, mendeskripsikan motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri Se-Kota Kupang, dan mendeskripsikan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri Se-Kota Kupang. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6, SMA Negeri 7 dan SMA Negeri 11 pada semester ganjil Tahun ajaran 2023/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini di peroleh dengan cara wawancara, obesrvasi, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1. Strategi pembelajaran guru mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada saat pembelajaran siswa dapat menjawab pertanyaan dasar yang diberikan oleh guru. Siswa dapat memahami dan menyatakan kembali dengan kata-kata sendiri terkait materi yang telah dijeskan oleh guru baik menggunakan ilustrasi gambar ataupun contoh penerapan dalam kehidupan sehari-hari 2. Siswa memiliki motivasi belajar yang tergolong tinggi teramati dalam bentuk. Pertama, tekun menghadapi tugas. Kedua, ulet menghadapi kesulitan. Ketiga, menunjukan minat terhadap bermacam-macam masalah. Keempat, senang bekerja mandiri. Kelima, tertarik terhadap hal-hal baru. 3. Prestasi belajar yang diperoleh siswa berkualitas baik. Nilai rata-rata yang diperoleh 81,1; 86,6; dan 85,9 melampaui KKM. Prestasi belajar siswa teramati dalam enam kemampuan yaitu mengingat memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan. 4. Strategi pembelajaran yang diterapkan guru mampu meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa. Aspek strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa yaitu tujuan pembelajaran, materi dan bahan ajar, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi.
Kata kunci: Strategi Guru ,Motivasi Belajar siswa, Prestasi Belajar siswa Pendekatan Kualitatif,Penelitian Deskriptif.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ADELINA NATALIA LOI - Personal Name
|
Student ID |
1901050089
|
Dosen Pembimbing |
Marsi D.S. Bani - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 1
Nikodemus U. J. Hauwali - 199206192020121006 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Marsi D.S. Bani - 198203142008121001 - Ketua Penguji
Nikodemus U. J. Hauwali - 199206192020121006 - Penguji 1 I Wayan Sukarjita - 196807151994031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.03 Loi S
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |