Peran Budaya Tura Jaji Dalam Mencegah Konflik Sosial (Studi Konflik Antara Desa Mbengu Kecamatan Paga Kabupaten Sikka Dan Kelurahan Watuneso Kecamatan Lio Timur Kabupaten Ende)

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Budaya Tura Jaji Dalam Mencegah Konflik Sosial (Studi Konflik Antara Desa Mbengu Kecamatan Paga Kabupaten Sikka Dan Kelurahan Watuneso Kecamatan Lio Timur Kabupaten Ende)

XML

Skripsi ini atas nama Yohanes Joel K. M. M. Siwi dengan Judul Peran Budaya Tura Jaji Dalam Mencegah Konflik Sosial Antara Desa Mbengu Kecamatan Paga Kabupaten Sikka dan Masyarakat Lise Kecamatan Lio Timur Kabupaten Ende yang dibimbing oleh Bapak Alfridus S. D. Dari, S.Fil.,M.A dan Boli Tonda Baso, S.Sos.,M.si. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peran dari Budaya Tura Jaji Dalam Mencegah Konflik Sosial yangh terjadi dikalangan masyarakat baik masyarakat Desa Mbengu dan juga Masyarakat Lise Kecamatan Lio Timur Kabupaten Ende dan juga penelitian ini guna untuk mengetahui faktor faktor pendukung apa saja yang dapat mencegah konflik sosial yang terjadi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada Dimensi pencegahan konflik yang terjadi Tura Jaji serta elit local/Mosalaki mempunyai peranya masing masing. Peran Tura Jaji sendiri sebagai: Mencegah konflik, mempertahankan kearifan local/Budaya, menciptakan hubungan yang solid. Sedangkan peran dari elit local sendiri pada kalangan masyarakat selain sebagai pemimpin tertinggi pada masyarakat adat juga sebagai tokoh pemersatu, penasihat dengan menggunakan istilah atau sapaan adat na’u tau ta’u nena tau ga yang ketika dinasehati akan merunduk dan takut kemudian bertindak tidak akan bisa. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif denga tipe deskrptif yaiti untuk menemukan gambaran tentang Budaya Tura jaji sebagai Pencegah terjadinya Konflik Sosial di Kabupaten Sikka dan juga kabupaten Ende. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Kata Kunci : Budaya Tura Jaji, Pencegahan Konflik


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1903040088
Dosen Pembimbing
Alfridus S.D Dari - 198403112014041001 - Dosen Pembimbing 1
Boli Tonda Baso - 8891333420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Alfridus S. D. Dari - 198403112014041001 - Ketua Penguji
Boli Tonda Baso - 8891333420 - Penguji 1
Esrah D. N. A. Benu - 197912042009121003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 SIW P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA