Strategi Pemasaran Pisang (Musa paradisiaca L) Di Desa Alkani Kecamatan Wewiku Kabupaten Malaka

Detail Cantuman

Skripsi

Strategi Pemasaran Pisang (Musa paradisiaca L) Di Desa Alkani Kecamatan Wewiku Kabupaten Malaka

XML

Penelitian ini telah dilaksanakan di Desa Alkani Kecamatan Wewiku Kabupaten Malaka. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui karakteristik usahatani pisang (2) mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam pemasaranan pisang di Desa Alkani; dan (3) mengetahui strategi pemasaran pisang yang tepat dalam meningkatkan pendapatan petani. Data primer diperoleh dari wawancara langsung dengan responden dan berpedoman pada daftar pertanyaan yang disediakan, sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai literatur, hasil penelitian terdahulu, dan instansi terkait dalam penelitian. Data yang terkumpul ditabulasi dan dianalisis sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan usahatani yang dilakukan lebih di fokuskan pada usahatani pisang. Usahatani pisang di Desa Alkani di mulai dari persiapan lahan, persiapan bibit, penanaman, pemeliharaan, panen hingga pemasaran. Jenis pisang yang dibudidayakan oleh petani adalah jenis pisang ambon, pisang raja, pisang kepok dan pisang tanduk. Identifikasi faktor internal menjadi kekuatan utama adalah buah pisang yang masih mentah dapat bertahan lama lebih dari 2 atau 3 hari (0,350). Sedangkan faktor kelemahan mempunyai skor total (1,104), dengan indikator lemah tertinggi adalah kurangnya kegiatanpromosidengan mediasosial (0,297).Faktoreksternalyangmenjadi peluang utama adalahproses budidaya pisang dan pemasaran pisang di dukung oleh Pemerintah Kabupaten Malaka (0,406), dan skor untuk faktor ancaman dengan skor tertinggi pada indikator perubahan cuaca dan iklim seperti curah hujan yang terus menerus(0,392). Alternatifstrategipemasaranpisanguntukmeningkatkan pendapatan petani terdapat pada kuadran I yang mana artinya strategi yang dapat digunakan pada kuadran I adalah tumbuh dan membangun. Strategi yang harus diterapkan adalah menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang dengan strategi produk/pasar.

Kata kunci :Strategi Pemasaran Pisang


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YULIANA ANITA LURUK - Personal Name
Student ID
1904020142
Dosen Pembimbing
Ernantje Hendrik - 19620902 198601 2 001 - Dosen Pembimbing 1
Siska Elvani - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
ERNANTJE HENDRIK - 19620902 198601 2 001 - Ketua Penguji
Siska Elvani - - Penguji 1
MARIA FRANSISKA DARLEN - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Pertanian
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.01 LUR S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA