Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Pemecahan Masalah Matematika untuk Siswa SMP pada Materi Aljabar

Detail Cantuman

Skripsi

Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Pemecahan Masalah Matematika untuk Siswa SMP pada Materi Aljabar

XML

ABSTRAK

Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Pemecahan Masalah Matematika untuk Siswa SMP pada Materi Aljabar

Nike Arliani Dolu Mautey (1701030031), Pembimbing I, Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc; Pembimbing II, Dr. Damianus Dao Samo

Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep kemampuan berpikir reflektif dalam matematika, mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif dalam pemecahan masalah aljabar pada siswa Sekolah Menengah Pertama, serta menyajikan rekomendasi terkait kemampuan berpikir reflektif pada penelitian di masa depan. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode review artikel, yang digunakan dengan menelusuri berbagai artikel yang berkaitan dengan kemampuan berpikir reflektif siswa SMP dalam memecahkan masalah aljabar.
Kemampuan berpikir reflektif matematis merupakan kemampuan berpikir dalam mengidentifikasi suatu kasus berdasarkan konsep matematika, membedakan data yang relevan dan tidak, mengevaluasi atau memeriksa kebenaran suatu argumen serta menentukan solusi yang tepat dalam menyelesaikan kasus atau masalah tersebut berdasarkan pengetahuan yang telah dimiliki. Kemampuan berpikir reflektif siswa SMP dalam memecahkan masalah aljabar dapat dikatakan belum memenuhi semua indikator kemampuan berpikir reflektif. Sebagian siswa hanya memenuhi sebagian indikator tetapi ada juga siswa yang hampir memenuhi semua indikator kemampuan berpikir reflektif. Data hasil penelitian dari berbagai artikel menunjukkan bahwa data yang ada dapat dijadikan sebagai acuan ataupun sumber informasi terkait kondisi kemampuan berpikir reflektif siswa SMP dalam memecahkan masalah aljabar agar dapat ditindak lanjuti untuk penelitian masa depan agar memperoleh metode yang tepat untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir reflektif.

Kata kunci : Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis


Detail Information

Item Type
Penulis
Nike Arliani Dolu Mautey - Personal Name
Student ID
1701030031
Dosen Pembimbing
Penguji
Siprianus S. Garak - 196512311992031027 - Ketua Penguji
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Penguji 1
Patrisius Afrisno Udil - 19930911 201903 1 020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Mau K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA