Desain Hypothetical Learning Trajectory (HLT) Pada Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Konteks Budaya Makanan Tradisional Pada Kelas VIII di SMPN 1 Kota Komba

Detail Cantuman

Skripsi

Desain Hypothetical Learning Trajectory (HLT) Pada Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Konteks Budaya Makanan Tradisional Pada Kelas VIII di SMPN 1 Kota Komba

XML

Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain Hypothetical learning trajectory pada pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel menggunakan matematika realistik konteks budaya makanan tradisional pada kelas VIII di SMPN 1 Kota Komba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu design research yang mana metode yang difokuskan pada pengembangan desain pembelajaran dalam bentuk hypothetical learning trajectory. Penelitian ini merupakan penelitia kualitatif yang melibatkan 6 orang siswa pada siklus pilot experiment dan 17 orang siswa pada siklus teaching sxperiment. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Kota Komba. Teknis pengumpulan data yang dilakukan adalah tertulis, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan secara kualitatif. Penelitian ini meghasilkan suatu learning trajectory melalui pendekatan PMRI yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran terkait sistem persamaan linear dua variabel pada kelas VIII di SMPN 1 Kota Komba. Learning trajectory yang dihasilkan terdiri dari 5 aktivitas dimana pendekatan PMRI menjadi acuan utama dalam setiap aktivitas yang ada. Konteks yang digunakan pada penelitian ini adalah budaya makanan tradisioanl. Siswa diminta untuk memahami masalah yang diberikan agar dapat membuat persamaan linear dua variabel sebagai model matematika, setelah itu siswa diminta menyelesaikan soal pada masalah yang diberikan dengan menggunakan metode eliminasi, kemudian siswa diminta untuk menyelesaikan soal dengan menggunakan metode substitusi, dan terakhir siswa diminta untuk menyelesaikan soal dengan menggunakan metode campuran (eliminasi dan substitusi).
Kata kunci: Desain pembelajaran, PMRI, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Student ID
1801030037
Dosen Pembimbing
Damianus Dao Samo - 19831231 2012212 1 003 - Dosen Pembimbing 1
Yohanes Hariaman Nada - 199208102022031005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Imelda H. E. Rimo - 19890603 202321 2 044 - Ketua Penguji
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Penguji 1
Yohanes Hariaman Nada - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Fef D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA