Desain Hypothetical Learning Trajectory (HLT) pada Materi Statistika Konteks Adiwiyata di SD Inpres Waioti

Detail Cantuman

Skripsi

Desain Hypothetical Learning Trajectory (HLT) pada Materi Statistika Konteks Adiwiyata di SD Inpres Waioti

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain hypothetical learning trajectory pada materi statistika di SD Inpres Waioti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain research yang memfokuskan pada pengembangan desain pembelajaran dalam bentuk hypothetical learning trajectory. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan dua siklus yaitu pilot experiment dan teaching experiment. Pada siklus pilot experiment 4 orang siswa terlibat aktif dan teaching experiment melibatkan 12 orang siswa. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Waioti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, catatan lapangan, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data dilakukan secara kualitatif. Penelitian ini menghasilkan suatu learning trajectory melalui pendekatan PMRI yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran terkait statistika ukuran pemusatan data di SD Inpres Waioti kelas VI. Learning trajectory yang dihasilkan terdiri atas 7 aktivitas dengan menggunakan pendekatan PMRI sebagaii acuan utama atau dasar dalam setiap aktivitas yang ada. Konteks yang digunakan pada penelitian ini adalah adiwiyata (sekolah peduli dan berbudaya lingkungan). Siswa diminta melakukan observasi lingkungan sekolah dengan tujuan agar siswa mengumpulkan data secara langsung. Kemudian siswa diminta menyajikan data hasil pengamatannya ke dalam tabel dan diagram batang dengan terlebih dahulu mengurutkan data tersebut. Aktivitas selanjutnya siswa menyelesaikan kasus yang diberikan dan diakhiri dengan menentukan modus dan median sekumpulan data serta menemukan rumus dan menentukan mean suatu kumpulan data.
Kata kunci: Hypothetical Learning Trajectory, PMRI, Statistika Ukuran Pemusatan Data


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maria Ade Irma - Personal Name
Student ID
1801030016
Dosen Pembimbing
Damianus Dao Samo - 19831231 2012212 1 003 - Dosen Pembimbing 1
Yohanes Hariaman Nada - 199208102022031005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr.Damianus Dao Samo, M.Pd - 1983123120121003 - Ketua Penguji
Yohanes Hariaman Nada, M.Pd - 19920810 202203 1 005 - Penguji 1
ALEKSIUS MADU - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Irm D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA