ANALISIS LEVEL BERPIKIR GEOMETRI MENURUT TEORI VAN HIELE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

ANALISIS LEVEL BERPIKIR GEOMETRI MENURUT TEORI VAN HIELE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 KUPANG

XML

Berpikir geometri adalah kemampuan siswa dalam memecahkan masalah geometri. Kemampuan siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika masih belum optimal, dikarenakan guru cenderung memberikan soal hanya berkaitan dengan rumus matematika sehingga siswa hanya berpatokan pada penghafalan rumus dan perhitungan matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis level berpikir geometri menurut teori Van Hiele pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, instrumen yang digunakan berupa lembar tes dan pedoman wawancara. Hasil tes menunjukan bahwa rata-rata pemahaman geometri siswa pada materi bangun datar berada pada level 0 (visualisasi) dan level 1 (analisis). Berdasarkan hasil tes dan wawancara diperoleh hasil ada satu orang yang belum memenuhi level berpikir geometri Van Hiele, ada dua orang yang memenuhi level 0 (visualisasi), tiga orang yang memenuhi level 1 (analisis), dan ada satu orang yang memenuhi level 2 (deduksi informal), level 3 (deduksi), dan level 4 (rigor). Untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam memahami materi geometri pada bangun datar maka diperlukan pengajaran berdasarkan level berpikir siswa, sehingga mempermudah siswa dalam belajar. Jadi siswa tidak hanya belajar menghafal melainkan langsung
melihat kontekstual dari bangun-bangun tersebut .


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Agustina Barek Emar - Personal Name
Student ID
1701030043
Dosen Pembimbing
Siprianus Suban Garak - 196512311992031027 - Dosen Pembimbing 1
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fransiska A. Halim - 19960402 202203 2 017 - Ketua Penguji
Siprianus S. Garak - 196512311992031027 - Penguji 1
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Mar A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA