Skripsi
ANALISIS LEVEL BERPIKIR GEOMETRI MENURUT TEORI VAN HIELE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 KUPANG
XMLBerpikir geometri adalah kemampuan siswa dalam memecahkan masalah geometri. Kemampuan siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika masih belum optimal, dikarenakan guru cenderung memberikan soal hanya berkaitan dengan rumus matematika sehingga siswa hanya berpatokan pada penghafalan rumus dan perhitungan matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis level berpikir geometri menurut teori Van Hiele pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, instrumen yang digunakan berupa lembar tes dan pedoman wawancara. Hasil tes menunjukan bahwa rata-rata pemahaman geometri siswa pada materi bangun datar berada pada level 0 (visualisasi) dan level 1 (analisis). Berdasarkan hasil tes dan wawancara diperoleh hasil ada satu orang yang belum memenuhi level berpikir geometri Van Hiele, ada dua orang yang memenuhi level 0 (visualisasi), tiga orang yang memenuhi level 1 (analisis), dan ada satu orang yang memenuhi level 2 (deduksi informal), level 3 (deduksi), dan level 4 (rigor). Untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam memahami materi geometri pada bangun datar maka diperlukan pengajaran berdasarkan level berpikir siswa, sehingga mempermudah siswa dalam belajar. Jadi siswa tidak hanya belajar menghafal melainkan langsung
melihat kontekstual dari bangun-bangun tersebut .
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Agustina Barek Emar - Personal Name
|
Student ID |
1701030043
|
Dosen Pembimbing |
Siprianus Suban Garak - 196512311992031027 - Dosen Pembimbing 1
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Fransiska A. Halim - 19960402 202203 2 017 - Ketua Penguji
Siprianus S. Garak - 196512311992031027 - Penguji 1 Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Mar A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |