Skripsi
STUDI TENTANG KETERLAMBATAN BICARA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KELURAHAN MANULAI ll KECAMATAN ALAK KOTA KUPANG
XMLKeterlambatan bicara merupakansalah satu gangguan perkembangan bicara yang dapat dideteksi pada anak sejak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterlambatan bicara pada anak usia 4-5 tahun di Kelurahan Manulai II. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif secara langsung melibatkan diri dengan permasalahan keterlambatan bicara pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian dilakukan selama 1 bulan dari tanggal1 Agustus 2022 sampai tanggal 30 Agustus 2022 bertempat di lingkungan RT 04 RW 02 Kelurahan Manulai II dengan 8 orangtua (Ayah & ibu anak) yang merupakan informan utama dan sebagai informan pendukung adalah 4 orang tetanggadari anak yang
memilki permasalahan keterlambatan bicara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dengan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwaketerlambatan bicara pada anak usia 4-5 tahun di Kelurahan Manulai II, ke empat anak sudah mampu mengembangkan keterlambatan bicara mereka, meskipun dengan bahasa yang kurang jelas tetapi terus didorong oleh orangtua mereka, sehingga mereka sudah mampu mengungkapkan apa yang diinginkan, walaupun ada yang bicaranya masih dibantu oleh gerakan tubuh. Faktor penyebab dari keterlambatan bicara mereka meliputi faktor gen/ keturunan, lingkungan bermain anak, dan gangguan kesehatan. Dampak dari keterlambatan bicara sangat berpengaruh besar terhadap mental anak. Perlu adanya kerja sama dari orangtua dan orang-orang disekitar anak dalam mengembangkan keterlambatan bicara pada anak. Cara/upaya yang perlu dilakukan orangtua untuk mengatasi keterlambatan bicara pada anak dengan cara mengobrol tentang keseharian anak, mengajak anak bernyanyi, meminta anak untuk mengulangi kata yang diucapkan ketika
selesai berbicara, membaca dan berbicara dengan bahasa sederhana, memuji anak ketika anak mampu dalam melakukan sesuatu. Dengan adanya kerja sama dari orangtua dan lingkungan sekitar anak mampu mengembangkan keterlambatan bicaranya.
Kata Kunci:Keterlambatan bicara, Anak Usia Dini
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Afliana Ildemang - Personal Name
|
Student ID |
1701180115
|
Dosen Pembimbing |
Credo Betty - 199012152018032001 - Dosen Pembimbing 1
MARSELINO K. P. ABDI KERAF - 197609112008121004 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Ketua Penguji
Credo G. Betty - 199012252018031001 - Penguji 1 Marselino K. P. Abdi Keraf - 197609112008121004 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86207
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.07 Ild S
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |