Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Persamaan Kuadrat Berbantuan Media Komik (Pixton) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX di SMP Negeri 20 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Persamaan Kuadrat Berbantuan Media Komik (Pixton) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX di SMP Negeri 20 Kupang

XML

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 20 Kupang pada materi Persamaan Kuadrat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IX di SMP Negeri 20 Kupang dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan media komik (pixton) pada materi persamaan kuadrat.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model kemmis dan mc taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus memiliki 4 tahapan yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) pengamatan; dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi sedangkan analisis datanya berupa deskriptif kualitatif dan kuatitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I adalah 63,63% meningkat menjadi 81,81% pada siklus II, nilai keterlaksanaan observasi aktivitas guru mengajar pada siklus I adalah 95% meningkat menjadi 100% pada siklus II dan nilai keterlaksanaan aktivitas siswa pada siklus I adalah 85,71% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berbantuan komik (pixton) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 20 Kupang pada materi persamaan kuadrat.
Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar Matematika, Komik (Pixton), Persamaan Kuadrat.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARIA ERMELINDA PENI - Personal Name
Student ID
1901030053
Dosen Pembimbing
Damianus Dao Samo, - 198312312012121003 - Dosen Pembimbing 1
Aleksius Madu - 19781215 202321 1 005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Ketua Penguji
ALEKSIUS MADU - - Penguji 1
Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Pen P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA