Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Persamaan Kuadrat Berbantuan Media Komik (Pixton) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX di SMP Negeri 20 Kupang
XMLPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 20 Kupang pada materi Persamaan Kuadrat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IX di SMP Negeri 20 Kupang dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan media komik (pixton) pada materi persamaan kuadrat.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model kemmis dan mc taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus memiliki 4 tahapan yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) pengamatan; dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi sedangkan analisis datanya berupa deskriptif kualitatif dan kuatitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I adalah 63,63% meningkat menjadi 81,81% pada siklus II, nilai keterlaksanaan observasi aktivitas guru mengajar pada siklus I adalah 95% meningkat menjadi 100% pada siklus II dan nilai keterlaksanaan aktivitas siswa pada siklus I adalah 85,71% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berbantuan komik (pixton) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 20 Kupang pada materi persamaan kuadrat.
Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar Matematika, Komik (Pixton), Persamaan Kuadrat.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MARIA ERMELINDA PENI - Personal Name
|
Student ID |
1901030053
|
Dosen Pembimbing |
Damianus Dao Samo, - 198312312012121003 - Dosen Pembimbing 1
Aleksius Madu - 19781215 202321 1 005 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Ketua Penguji
ALEKSIUS MADU - - Penguji 1 Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Pen P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |