Deskripsi Kondisi Sosial Ekonomi Terhadap Kejadian Stunting Pada Balita (Studi Kasus di Desa Tuapukan Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Deskripsi Kondisi Sosial Ekonomi Terhadap Kejadian Stunting Pada Balita (Studi Kasus di Desa Tuapukan Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Deskripsi Kondisi Sosial Ekonomi Terhadap Kejadian Stunting Pada Balita di Desa Tuapukan Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan obsevarsi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Fokus penelitian ini adalah kondisi sosial dan kondisi ekonomi masyarakat Desa Tuapukan terhadap kejadian stunting pada Balita yaitu Kondisi yang berkaitan dengan keadaan atau situasi meliputi Pendidikan orang tua, Tingkat Pendidikan orang tua balita stunting, Kondisi kesehatan, kondisi keluarga Balita stunting dalam suatu kebiasaan sosial budaya selanjutnya, Kondisi ekonomi keluarga yang berkaitan dengan tingkat pendapatan meliputi Penghasilan yang diterima orang tua Balita stunting, jenis pekerjaan orang tua Balita stunting, Jumlah tanggungan Keluarga Balita stunting. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kondisi sosial ekonomi Orang tua balita stunting di Desa Tuapukan yaitu memiliki tingkat pendidikan yang rendah sehingga masih tidak memahami apa itu stunting dan kurang pengetahuan terhadap gizi dan pola makan anak, serta kondisi kesehatan keluarga yang disebabkan beberapa faktor, walaupun pelayanan kesehatan lumayan baik tetapi masih ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat kesehatan, kebiasaan keluarga balita stunting yang mempengaruhi gizi balita yaitu kurangnya kesadaran keluarga balita stunting tentang kebiasaan-kebiasan sosial budaya, Mayoritas pekerjaan orang tua balita stunting adalah sebagai petani dan nelayan, hal ini menyebabkan kurangnya keluarga dalam memperhatikan nutrisi yang tepat pada Balita, tingkat pendapatan keluarga balita stunting setiap bulannya yang tidak tetap sesuai dengan jenis pekerjaan mereka sebagai petani dan juga nelayan serta jumlah tanggungan keluarga yang mempengruhi kurangnya pemberian makanan bergizi pada anak. Hasil dari penelitian deskripsi kondisi sosial ekonomi terhadap kejadian stunting pada balita di Desa Tuapukan yakni fasilitas kesehatan sudah cukup baik di dukung oleh bantuan dari pustu dan pemerintah desa namun kurangnya keaktifan serta pemahaman keluarga terkait apa itu stunting serta penyebab stunting.

Kata Kunci : Deskripsi, Sosial Ekonomi, Balita Stunting


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1903010062
Dosen Pembimbing
DOMINIKUS FERNANDES - 196007191988031001 - Dosen Pembimbing 1
Yohanis Ndoda - 195810051987021001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dominikus Fernandes - 196007191988031001 - Ketua Penguji
Yohanis Ndoda - 195810051987021001 - Penguji 1
Umbu Tay W Pariangu - 197812202006041002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 FER D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA