Skripsi
EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PROGRESIF BERBANTUAN E-MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA DI KELAS XII SMA NEGERI 5 KUPANG
XMLEfektivitas Metode Pembelajaran Progresif Berbantuan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa Di Kelas XII SMA Negeri 5 Kupang.
Idaletha M. Namangdjabar1, Heru Christianto, S.Pd., M.Pd2, Dr. Jasman, S.Pd., M.Si3.
Hasil belajar merupakan apa yang dicapai oleh siswa setelah melalui kegiatan belajar mencakup kemampuan aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Pemilihan metode yang tepat dapat meningkatkan motivasi siswa sehingga hasil belajar menjadi lebih optimal. Metode pembelajaran progresif merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan karena memberi kebebasan dalam mengembangkan pengetahuan, sehingga siswa belajar berdasarkan pengalaman dan proses pembelajaran menjadi lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran progresif terhadap hasil belajar siswa terutama pada materi asam basa .
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain Non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2023/2024 dengan menggunakan teknik random sampling, diperoleh kelas XII C sebagai kelompok eksperimen dan kelas XII D sebagai kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada kelas eksperimen terjadi peningkatan N-Gain sebesar 0,70, dan 0,48 pada kelas kontrol. Analisis tingkat efektivitas pembelajaran pada kelompok eksperimen menggunakan uji T Berpasangan (paired sample t test) dan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 maka dapat diputuskan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran progresif terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi asam basa di SMA Negeri 5 Kupang.
Kata Kunci : Pendidikan progresif, asam basa, e-modul, motivasi belajar, hasil belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
IDALETHA MARTHA NAMANGDJABAR - Personal Name
|
Student ID |
1901060035
|
Dosen Pembimbing |
Heru Christianto, S.Pd., M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Dr. jasman, S.Pd, M.Si - 19690611 199403 1 001 - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Sudirman, S.Pd., M.Pd - 19700817 200604 1 022 - Ketua Penguji
Dr. Jasman, S.Pd., M.Si - 19690611 199403 1 001 - Penguji 1 Heru Christianto, S.Pd., M.Pd. - 19921213 201903 1 011 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.04 Nam E
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |