EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PROGRESIF BERBANTUAN E-MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA DI KELAS XII SMA NEGERI 5 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PROGRESIF BERBANTUAN E-MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA DI KELAS XII SMA NEGERI 5 KUPANG

XML

Efektivitas Metode Pembelajaran Progresif Berbantuan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa Di Kelas XII SMA Negeri 5 Kupang.
Idaletha M. Namangdjabar1, Heru Christianto, S.Pd., M.Pd2, Dr. Jasman, S.Pd., M.Si3.

Hasil belajar merupakan apa yang dicapai oleh siswa setelah melalui kegiatan belajar mencakup kemampuan aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Pemilihan metode yang tepat dapat meningkatkan motivasi siswa sehingga hasil belajar menjadi lebih optimal. Metode pembelajaran progresif merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan karena memberi kebebasan dalam mengembangkan pengetahuan, sehingga siswa belajar berdasarkan pengalaman dan proses pembelajaran menjadi lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran progresif terhadap hasil belajar siswa terutama pada materi asam basa .
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain Non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2023/2024 dengan menggunakan teknik random sampling, diperoleh kelas XII C sebagai kelompok eksperimen dan kelas XII D sebagai kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada kelas eksperimen terjadi peningkatan N-Gain sebesar 0,70, dan 0,48 pada kelas kontrol. Analisis tingkat efektivitas pembelajaran pada kelompok eksperimen menggunakan uji T Berpasangan (paired sample t test) dan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 maka dapat diputuskan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran progresif terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi asam basa di SMA Negeri 5 Kupang.
Kata Kunci : Pendidikan progresif, asam basa, e-modul, motivasi belajar, hasil belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1901060035
Dosen Pembimbing
Penguji
Sudirman, S.Pd., M.Pd - 19700817 200604 1 022 - Ketua Penguji
Dr. Jasman, S.Pd., M.Si - 19690611 199403 1 001 - Penguji 1
Heru Christianto, S.Pd., M.Pd. - 19921213 201903 1 011 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84204
Edisi
Published
Departement
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.04 Nam E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA