PENGARUH METODE PEMBELAJARAN AUDITORY INTELECTUALLY REPETTION DAN CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS Xl SMA NEGERI 1 AMANUBAN TIMUR

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN AUDITORY INTELECTUALLY REPETTION DAN CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS Xl SMA NEGERI 1 AMANUBAN TIMUR

XML

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan hasil belajar sejarah yang diajarkan dengan metode pembelajaran Auditory Intellectually Repettion dan Ceramah pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Amanuban Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan metode pembelajaran Auditory Intelectually Repettion dan Ceramah terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Amanuban Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Eksperimen. Penelitian ini terdiri dari dua kelompok pengamatan yaitu Kelas Eksperimen dengan menerapkan metode pembelajaran Auditory Intelectually Repettion dan Kelas Kontrol menggunakan metode pembelajaran Ceramah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan IPS 2 di SMA Negeri 1 Amanuban Timur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa Pre-test dan Post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah = Tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada penerapan metode pembelajaran Auditory Intelectually Repettion dan Ceramah terhadap hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Amanuban Timur dan = Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada penerapan metode pembelajaran Auditory Intelectually Repettion dan Ceramah terhadap hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Amanuban Timur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Auditory Intelectually Repettion dan Ceramah terhadap hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Amanuban Timur. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan metode Auditory Intelectually Repettion sebesar 85,59 dan pada kelas kontrol yang diberi perlakuan metode Ceramah memiliki nilai rata-rata sebesar 73,65. Selain itu hasil uji Independen Sample Test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,00 < 0,05.

Kata kunci : pengaruh, metode, Auditory Intelectually Repettion, ceramah pembelajaran


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YUSMIDA KASE - Personal Name
Student ID
1901090137
Dosen Pembimbing
Dr. Djakariah, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 19861029201903008 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : .,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 Kas P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA