Skripsi
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN AUDITORY INTELECTUALLY REPETTION DAN CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS Xl SMA NEGERI 1 AMANUBAN TIMUR
XMLMasalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan hasil belajar sejarah yang diajarkan dengan metode pembelajaran Auditory Intellectually Repettion dan Ceramah pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Amanuban Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan metode pembelajaran Auditory Intelectually Repettion dan Ceramah terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Amanuban Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Eksperimen. Penelitian ini terdiri dari dua kelompok pengamatan yaitu Kelas Eksperimen dengan menerapkan metode pembelajaran Auditory Intelectually Repettion dan Kelas Kontrol menggunakan metode pembelajaran Ceramah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan IPS 2 di SMA Negeri 1 Amanuban Timur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa Pre-test dan Post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah = Tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada penerapan metode pembelajaran Auditory Intelectually Repettion dan Ceramah terhadap hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Amanuban Timur dan = Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada penerapan metode pembelajaran Auditory Intelectually Repettion dan Ceramah terhadap hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Amanuban Timur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Auditory Intelectually Repettion dan Ceramah terhadap hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Amanuban Timur. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan metode Auditory Intelectually Repettion sebesar 85,59 dan pada kelas kontrol yang diberi perlakuan metode Ceramah memiliki nilai rata-rata sebesar 73,65. Selain itu hasil uji Independen Sample Test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,00 < 0,05.
Kata kunci : pengaruh, metode, Auditory Intelectually Repettion, ceramah pembelajaran
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
YUSMIDA KASE - Personal Name
|
Student ID |
1901090137
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Djakariah, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 19861029201903008 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Fransina A. Ndoen, S.Pd, M.Pd 198608022014042001 - - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
87201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : ., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.01 Kas P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |