Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap hasil Belajar Peserta Didik Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 SD Negeri Oebobo 1

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap hasil Belajar Peserta Didik Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 SD Negeri Oebobo 1

XML

Pencapaian tujuan pendidikan dalam pembelajaran Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 dapat diukur melalui hasil belajar siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas V Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 di SD Negeri Oebobo 1?.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar peserta didik kelas V pada Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 di SD Negeri Oebobo 1. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif, dilaksanakan di satu kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 22 siswa kelas V. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik non-probability sampling. Data dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, serta soal pretest dan posttest. Selanjutnya, data tersebut akan dianalisis secara deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian, terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik antara evaluasi pretest dan posttest. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan paired sample T-test menunjukkan bahwa nilai t-hitung (12,288) > t-tabel (1,721). Keputusan berdasarkan dasar pengambilan keputusan uji ini menyatakan bahwa jika t-hitung lebih besar dari t-tabel, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Problem Based Learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas V pada Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 di SD Negeri Oebobo 1.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Mariani Ernestin Bhebhe - Personal Name
Student ID
1901140120
Dosen Pembimbing
HIWA WONDA - 196201231988031001 - Dosen Pembimbing 1
Sofia G. Un Lala - 199204302020122016 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Ketua Penguji
Hiwa Wonda - 196201231988031001 - Penguji 1
Sofia G. Un Lala - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Bhebhe P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA