Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI LAJU REAKSI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 KUPANG
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Problem Based Learnig pada materi Laju Reaksi terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Experiment. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengumpulan data dalam penelitian metode wawancara, soal tes dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan menggunakan uji Independent Sampel T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learnig. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Sig.(2-tailed) pada t-test for Equality of Means yaitu 0,002 lebih kecil dari taraf signifikansinya sebesar 0,05 (0,002 < 0,05). Besar peningkatan rata-rata N-Gain hasil belajar kelas eksperimen sebesar 0,81 (81,56%) lebih besar dari kelas kontrol sebesar 0,7 (70%).
Kata Kunci : Problem Based Learnig, Laju Reaksi, Hasil belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Bernida Triani Mbura - Personal Name
|
Student ID |
2001060007
|
Dosen Pembimbing |
LOLITA AGUSTA MAGDALENA PARERA - 198008092014042001 - Dosen Pembimbing 1
JASMAN - 196906111994031001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dorthea M. W. Nay - 199305022022032021 - Ketua Penguji
Jasman - 196906111994031001 - Penguji 1 Lolita Agusta Magdalena Parera - 198008092014042001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Kimia
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.04 Mbu P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |