POLA KOMUNIKASI KELOMPOK VIRTUAL DALAM GAME PUBG MOBILE DI KOTA KUPANG (Studi Etnografi Virtual Pada Tim Xtender E-sport)

Detail Cantuman

Skripsi

POLA KOMUNIKASI KELOMPOK VIRTUAL DALAM GAME PUBG MOBILE DI KOTA KUPANG (Studi Etnografi Virtual Pada Tim Xtender E-sport)

XML

Komunikasi kelompok virtual menjadi aspek penting dalam permainan game PUBG Mobile. Tim Xtender E-sport sebagai salah satu tim PUBG Mobile di Kota Kupang juga menerapkan komunikasi kelompok virtual. Proses komunikasi tersebut dilakukan melalui penggunaan fitur-fitur yang tersedia dalam game memungkinkan para pemain untuk saling berbagi informasi dan berkoordinasi terkait berbagai hal dalam permainan. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pola dan perilaku komunikasi kelompok virtual pada tim Xtender E-sport Kota Kupang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi virtual. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Dalam penelitian ini, teori yang dipakai adalah Teori Computer Mediated Communication (CMC), yang menjelaskan bagaimana komunikasi yang terjadi antara orang-orang yang dilakukan. dengan menggunakan media computer atau melalui komputer. Dalam konteks komunikasi kelompok virtual tim Xtender E-sport, penerapan CMC terlihat melalui berbagai fitur komunikasi seperti penggunaan chat dalam permainan, pesan suara, serta kemampuan untuk berkomunikasi secara real-time melalui mikrofon. Pemain dapat saling berinteraksi, berkoordinasi, dan merencanakan strategi menggunakan media komputer tersebut. Hasil penelitian terhadap tim Xtender E-sport menunjukkan bahwa praktik komunikasi kelompok virtual tim Extender E-sport berlangsung dalam beberapa pola komunikasi, yang mencakup pola komunikasi satu arah (komunikasi antara In-Game Leader ke player), dua arah (komunikasi timbal balik antara player), dan multi arah (komunikasi antara beberapa anggota dalam tim). Sementara itu, perilaku komunikasi kelompok virtual mencakup komunikasi menggunakan kata-kata atau bahasa “kasar”, koordinasi taktis, ekspresi emosi, dan dialog setelah game.
Kata Kunci: PUBG, Komunikasi Kelompok Virtual, Pola Komunikasi, Perilaku Komunikasi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yohanes Baginda Los - Personal Name
Student ID
1903050133
Dosen Pembimbing
PETRUS ANA ANDUNG - 197402072008011012 - Dosen Pembimbing 1
I GUSTI A. R. PIETRIANI - 8897023419 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ana Andung - 197402072008011012 - Ketua Penguji
I GUSTI A. R. PIETRIANI - 8897023419 - Penguji 1
Mas'amah - 197906172008012020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702. 01 Los P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA