Motivasi Perempuan Manggarai Dalam Melanjutkanpendidikan di Perguruan Tinggi (Studi Kasus Pada Mahasiswi Program Studi Sosiologi Fisip Undana Tahun Ajaran 2017-2019)

Detail Cantuman

Skripsi

Motivasi Perempuan Manggarai Dalam Melanjutkanpendidikan di Perguruan Tinggi (Studi Kasus Pada Mahasiswi Program Studi Sosiologi Fisip Undana Tahun Ajaran 2017-2019)

XML

Motivasi penting untuk mendorong anak dalam melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Dengan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi akan memberikan pengaruh pola pikir pada anak khusunya pada perempuan. Motivasi tidak hanya dari diri sendiri tetapi peran orang tua juga akan berpengaruh dalam membangkitkan motivasi dan juga memberikan semangat pada anak.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah motivasi perempuan Manggarai dalam melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi (studi kasus pada mahasiswa Program Studi Sosiologi Fisip Undana Kupang tahun ajaran 2017-2019).Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikandan menganalisismotivasi perempuanManggarai dalam melanjutkanpendidikan di perguruan tinggi.Penelitian ini berlokasi di Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teorimotivasi Herzbreg. Penelitian ini, menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik penetuan informan yang digunakan dalam penelitian adalah purposive sampling.Informan dalam penelitian ini berjumlah 9 orang yang merupakan mahasiwi perempuan Manggarai Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Angkatan 2017-2019. Hasilpenelitian ini menunjukan bahwayang memotivasi perempuan Manggarai dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yaitu adanya 1. Motivasi intrinsik yang meliputi a.Keinginan untuk mengapai cita-citadan membahagiakan orangtua b. Keinginan untuk menambah wawasan dan pengetahuan2. Motivasi Ekstrinsik meliputi dorongan dari keluarga, dorongan budaya Manggarai dan dorongan dari teman sebaya.Kesimpulan,Secara garis besar, yang memotivasi perempuan Manggarai dalam melanjutkan pendidikannya ke Perguruan tinggi ada dua faktor motivasi, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Secara rinci faktor instrinsik meliputi keinginan dari diri individu untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi sedangkan motivasi ekstrinsik meliputi dorongan dari keluarga, dorongan budaya Manggarai dan dorongan dari teman sebaya.Saran, untuk mengapai cita-cita seorang anak dalam melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi lembaga yang terkait haruslah memberikan kesempatan yang lebih luas karena kita ketahui bahwa pendidikan sudah memiliki anggaran yang cukup besar, selain itu pemerintah juga harus memudahkan akses bagi anak yang kurang mampu untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih dan lanjut dan memberikan beasiswa yang mudah terjangkau. Peran para orang tua juga penting dalam memberikan motivasi pada anak yang mau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan untuk para guru selaku pengajar/pendidik hendaknya meningkatkan kualitas mengajarnya, agar terciptanya prestasi anak yang mampu bersaing dan dapat membanggakan. Semoga penelitian ini dapat membantu atau dapat dijadikan sebagai salah satu refrensi dan bisa dikembangkan kembali oleh peneliti selanjutnya.

Kata Kunci: Motivasi, Perempuan, Melanjutkan Kuliah


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Floriani Jenina - Personal Name
Student ID
1703030121
Dosen Pembimbing
SUSANA C L PELLU - 197110222005012001 - Dosen Pembimbing 1
Aelshtri Ndandara - 1983080120091220006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Susana C L Pellu - 197110222005012001 - Ketua Penguji
Aelshtri Ndandara - 1983080120091220069 - Penguji 1
Herman Yosep Utang - 196602212006041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Jen M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA