Skripsi
EFEKTIFITAS PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTAR SISWA DI SMA NEGERI 9 KOTA KUPANG
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan bimbingan kelompok menggunakan teknik psikodrama, gambaran komunikasi interpersonal antar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanana bimbingan kelompok menggunakan teknik psikodrama, dan gambaran bimbingan kelompok menggunakan teknik psikodrama efektif dalam meningkatkan komunikasi interpersonal antar siswa di SMA Negeri 9 Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian one group pre test dan post test.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Kota Kupang dengan jumlah populasi 129 orang dan sampel penelitian 15 orang. Teknik pengambilan sampel
menggunakan metode purposive sampling atau responden yang memiliki ciri dan kriteria yang sama. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisi uji beda paired sample t-test dengan bantuan
program SSPS V. 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diberikan treatment terdapat perbedaan skor mean pre test sebelum diberikan treatment 163,53 dan mean post test setelah diberikan treatment 207,20 selain itu diperoleh nilai t-hitung menggunakan paired sample t-test adalah (-8,950) nilai ini > t-tabel (0,3338) dengan nilai signifikan 0,000 > 0,05 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal antar siswa menggunakan teknik
psikodrama pada siswa SMA Negeri 9 Kota Kupang. Dibuktikan dengan terjadi peningkatan pemahaman sebelum diberikan treatment dan setelah mendapatkan treatment, terlihat bahwa hasil post test dengan rata-rata mean 207,20 lebih tinggi dibandingkan hasil pre test 163,53.
Kata Kunci: Teknik psikodrama, komunikasi interpersonal, siswa.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ADRI ARIANTI LIU - Personal Name
|
Student ID |
1701160040
|
Dosen Pembimbing |
PUTU AGUS INDRAWAN - 198909302018031001 - Dosen Pembimbing 1
LOLANG MARIA MASI - 198911082019032013 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Uda Geradus - 195812311986031021 - Ketua Penguji
Putu Agus Indrawan - 198909302018031001 - Penguji 1 LOLANG MARIA MASI - 198911082019032013 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang, Nusa Tenggara Timur., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.01 NAN H
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |