EFEKTIFITAS PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTAR SISWA DI SMA NEGERI 9 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

EFEKTIFITAS PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTAR SISWA DI SMA NEGERI 9 KOTA KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan bimbingan kelompok menggunakan teknik psikodrama, gambaran komunikasi interpersonal antar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanana bimbingan kelompok menggunakan teknik psikodrama, dan gambaran bimbingan kelompok menggunakan teknik psikodrama efektif dalam meningkatkan komunikasi interpersonal antar siswa di SMA Negeri 9 Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian one group pre test dan post test.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Kota Kupang dengan jumlah populasi 129 orang dan sampel penelitian 15 orang. Teknik pengambilan sampel
menggunakan metode purposive sampling atau responden yang memiliki ciri dan kriteria yang sama. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisi uji beda paired sample t-test dengan bantuan
program SSPS V. 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diberikan treatment terdapat perbedaan skor mean pre test sebelum diberikan treatment 163,53 dan mean post test setelah diberikan treatment 207,20 selain itu diperoleh nilai t-hitung menggunakan paired sample t-test adalah (-8,950) nilai ini > t-tabel (0,3338) dengan nilai signifikan 0,000 > 0,05 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal antar siswa menggunakan teknik
psikodrama pada siswa SMA Negeri 9 Kota Kupang. Dibuktikan dengan terjadi peningkatan pemahaman sebelum diberikan treatment dan setelah mendapatkan treatment, terlihat bahwa hasil post test dengan rata-rata mean 207,20 lebih tinggi dibandingkan hasil pre test 163,53.

Kata Kunci: Teknik psikodrama, komunikasi interpersonal, siswa.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ADRI ARIANTI LIU - Personal Name
Student ID
1701160040
Dosen Pembimbing
PUTU AGUS INDRAWAN - 198909302018031001 - Dosen Pembimbing 1
LOLANG MARIA MASI - 198911082019032013 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Uda Geradus - 195812311986031021 - Ketua Penguji
Putu Agus Indrawan - 198909302018031001 - Penguji 1
LOLANG MARIA MASI - 198911082019032013 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang, Nusa Tenggara Timur.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.01 NAN H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA