Skripsi
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER KEBANGSAAN TANGGUNG JAWAB MELALUI INOVASI PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN PADA PELAJARAN PPKn DI SMA NEGERI 1 KUPANG
XMLPenelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan pengimplementasian nilai-nilai karakter kebangsaan tanggung jawab melalui penerapan inovasi pembelajaran Project Citizen pada pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Kupang. 2) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung pengimplementasian nilai-nilai karakter kebangsaan tanggung jawab melalui inovasi pembelajaran Project Citizen pada pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Kupang. Penelitian ini menggunaan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan purposive sampling yaitu memperoleh data-data secara tertulis atau lisan dari orang-orang atau pelaku utama yang diamati dan data yang didapat pada informan yang dirasa paling mengetahui dengan fenomena ini. Data yang dikumpulkan baik data primer maupun sekunder yang telah diperoleh dari lapangan dalam bentuk wawancara dengan kalimat yang jelas sehingga mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran PPKn dan peserta didik kelas XI.G/M7 SMA Negeri 1 Kupang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi Nilai-Nilai Karakter Kebangsaan Tanggung Jawab melalui Inovasi Pembelajaran Project Citizen pada Pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Kupang dilakukan dengan cara membagi peserta didik ke dalam kelompok permanen, memberikan kesempatan peserta didik untuk merancang, melaksanakan, sampai pada merefleksikan pengalaman belajar melalui Project Citizen, hingga mengukur usaha dan tanggung jawab peserta didik melalui kemampuan menyelesaikan Projek. 2) Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pengimplementasian nilai-nilai karakter kebangsaan tanggung jawab melalui inovasi pembelajaran Project Citizen pada pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Kupang terdiri atas faktor penghambat dan faktor penghambat. Faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu, keterbatasan sumber daya keuangan serta keterbatasan sumber daya manusia. Sedangkan faktor pendorong meliputi guru sebagai contoh dan motivator, perencanaan pembelajaran, keterampilan mengajar, penguasaan materi dan penggunaan teknologi, fasilitas dan akses teknologi, serta suasana belajar yang menyenangkan.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Febiana Sandria Loe Tae - Personal Name
|
Student ID |
2001070050
|
Dosen Pembimbing |
Fredik Lambertus Kollo - 199202082022031009 - Dosen Pembimbing 1
Meryana M. Doko - 9908419686 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dorkas Y.A Kale - - Ketua Penguji
Fredik Lambertus Kollo - 199202082022031009 - Penguji 1 Meryana M. Doko - 9908419686 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 Tae I
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |