Tesis
Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Smp Negeri 8 Kupang- Kota Kupang- Propinsi Nusa Tenggara Timur
XMLPenelitian ini berjudul Pengaruh kompetensi guru, Motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap Hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 8 Kupang.- Kota Kupang Propinsi Nusa Tenggara Timur . Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi dan wawancara peneliti yang menghadapi kenyataan bahwa SMP Negeri 8 Kupang memilki ketersediaan berbagai faktor pendukung pendidikan seperti tenaga pendidik dan fasilitas dan manajemen yang baik ,namun kondisi lapangan yang dialami yakni Hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 8 Kupang yang tergolong masih rendah ( tidak mencapai KBM ) Berdasarkan kondisi yang dialami peneliti maka ada beberapa masalah yang dirumuskan dan diteliti yakni 1) Apakah kompetensi guru, motivasi belajar dan lingkungan belajar memeliki pengaruh yang signifikan dan simultan terhadap hasil belajar .Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi Guru,Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil belajar Peserta Didik di UPTD SMP Negeri 8 Kupang- Kota Kupang-Propinsi Nusa Tenggara. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi. Timur.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang dengan Populasi penelitiannya sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh untuk variabel kompetensi guru yakni 70 oranag orang Tenaga pendidik
,sedangkan sampel unruk variabel motivasi belajar dan lingkungan belajar menggunakan yaitu sampel peserta didik sebanyak 70 orang yng ditentukan berdasarkan teknik probability sampling ( random sampling).Teknik pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. .
.Berdasarkan hasil uji korelasi regresi linier berganda tentang pengaruh kompetensi guru , motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar
,dengan hasil penelitian menunjukka nilai koefisien korelasinya adalah 0,518 atau korelasi kuat. . Nilai R square 0,269 yang menunjukan bahwa variabel bebas memiliki pengaruh atau berkontribusi 26,9% terhadap hasil belajar dan 73,1 dipengaruhi oleh faktor lain. Selanjutnya model regresi linier berganda yakni Y = 0,384X1 + 0,023X2 + 0,015X3 + 46,687 menunjukan bahwa kompetensi guru, motivasi belajar, dan lingkungann belajar berpengaruh positif pada hasil belajar atau dengan kata lain setiap penambahan 1% kompetensi guru, motivasi belajar , dan lingkungan belajar maka akan meningkatkan hasil belajar sebesar 0,422. Di samping itu dari model juga diperoleh koefisien b = 46,687 yang menunjukan bahwa jika kompetensi guru, motivasi belajar dan lingkungan belajar tidak bertambah maka hasil belajar tetap akan mengalami peningkatan 46,687 yang disebabkan oleh faktor lain. Nilai signifikansi F (Sig.) sebesar 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi guru , motivasi belajar , dan lingkungan belajar , secara bersama-sama terhadap hasil belajar
Berdasarkna hasil pengolahan data ,simpulan dari hasil penelitian ini adalah
:(1) variabel X1 kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y hasil belajar siswa dengan kontribusi efektif (R2) sebesar 26,7%; (2) Variabel X2 motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y hasil belajar siswa dengan kontribusi efektif (R2) sebesar 21,0%, (3)Variabel X3 Lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan kontribusi efektif (R2) sebesar 17,8%; (4) kompetensi guru, motivasi belajar, dan lingkungan belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar 26,9 %.
Kata kunci : Kompetensi Guru ;motivasi dan Lingkungan ;hasil belajar .
Detail Information
Item Type |
Tesis
|
---|---|
Penulis |
Sesilia Gasparin Leni - Personal Name
|
Student ID |
2111060004
|
Dosen Pembimbing |
BASRI K. - 19606141991031002 - Dosen Pembimbing 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Basri K - 19606141991031002 - Ketua Penguji
Uda Geradus - 195812311986031021 - Penguji 1 Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87120
|
Edisi | |
Departement |
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kontributor |
SILVESTER P. TANEO - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
871.20
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |