Skripsi
Strategi Political Marketing Dewan Pimpinan Wilayah Partai Nasdem Nusa Tenggara Timur Dalam Pemilu Legislatif 2019 Di Provinsi Nusa Tenggara Timur Dapil II
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah Strategi Political Marketing yang dilakukan oleh Dewan Pimpinan Wilayah Partai Nasdem dalam Pemilu Legislatif tahun 2019 di daerah Provinsi Nusa tenggara timur. Penulisan ini berujuan untuk mengetahui Political marketing partai nasdem dalam menghadapi pemilihan legislatif tahum 2019 di nusa tenggara timur Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, artinya data yang dikumpulkan bersal dari hasil wawancara, observasi secara langsung catatan lapangan, dokumen pribadi, catatan memo, dan dokumen resmi lainnya. Hasil penelitian yang di peroleh menunjukan bahwa DPW partai Nasdem ntt melakukan marketing politik dalam menghadapi pemilihan legislative tahun 2019 melalui aktivitas politik memalui tahapan-tahapan strategi seperti segmentasi, targeting dan juga positioning dimana di tahapan segmentasi para kandidat maupun pengurus partai melakukan pendekatan-pendekatan di setiap wilayah yang menjadi bagian dari calon kandidat agar dapat mempermudah proses sosialisasi. Dengan adanya pembagian-pembagian berupa suku, agama jenis kelamin umur dan juga lokasi maka akan mempermudah para kandidat atau pengurus partai lebih mudadi jangkau. Kemudian Targeting merupakan tindak lanjut dari segmen-segmen yang sudah ada, dimana kandidat ataupun partai akan menentukan segmen mana yang menjadi sasarannya, disini pengurus parati menargetkan anak muda sebagi targetnya mereka dalam meraih perolehan suara. Setelah proses segmentasi dan targeting selesai masuklah dalam proses positioning dimana partai melakukan sosialisasi terhadap anak muda salah satunya sosialisasi terkait dengan pendidikan polotik bagi anak muda. Hal ini merupakan salah satu strategi marketing yang dilakukan oleh para kandidat partai atau pengurus partai itu sendiri dalam mmenghasilkan kemenangan pada pemilihan legislative 2019.
Kata kunci : Strategi Political marketing, segmentasi, targeting, positioning, Nasdem
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MERCIANA EMILIA TOY - Personal Name
|
Student ID |
1703040135
|
Dosen Pembimbing |
ESRAH DISYON NINO AM BENU - 197912042009121003 - Dosen Pembimbing 1
Frans W. Muskanan - 8886423419 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Esrah Disyon Nino Am Benu - 197912042009121003 - Ketua Penguji
Frans W. Muskanan - 8886423149 - Penguji 1 Ananias R.P. Jacob - 199208142019011001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
67201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Politik
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
672.01 TOY S
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |