Interaksi Antara Masyaraka Pemukiman Kembali (Resettlement) Golo Karot Dengan Masyarakat Lokal Pandang (Studi Kasus di Kelurahan Tangge, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat)

Detail Cantuman

Skripsi

Interaksi Antara Masyaraka Pemukiman Kembali (Resettlement) Golo Karot Dengan Masyarakat Lokal Pandang (Studi Kasus di Kelurahan Tangge, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat)

XML

Judul dari penelitian ini adalah “Interaksi Antara Masyarakat Pemukiman Kembali (Resettlement) Golo Karot dengan Masyarakat Lokal Pandang (Studi Kasus Di Kelurahan Tangge, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat). Interaksi merupakan suatu jenis tindakan yang terjadi ketika dua atau lebih objek saling melakukan kegiatan yang membuat saling berkaitan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis interaksi masyarakat Pemukiman Kembali (Resettlement) dengan masyarakat lokal di Kelurahan Tangge, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksionisme simbolik dari George Herbert Mead. Penelitian ini menggunakan teknik penentuan informan yaitu purposive sampling, yang mana peneliti memilih informan menurut kriteria tertentu yang telah ditetapkan informan dalam penelitian ini terdiri dari 12 orang. Dalam penelitian ini mewawancarai informan masyarakat Golo Karot dan masyarakat Pandang sebagai informan, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitan ini menggunakan data sekunder dan data primer, Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses interaksi antara masyarakat lokal dengan masyarakat transmigrasi. Proses interaksi yang ditempuh yaitu, 1. Proses asosiatif: Proses Kerjasama, Akomodasi, Asimilasi. 2. Proses Disasosiatif: Persaingan, Pertentanga, kontravensi. Setelah melakukan analisis data peneliti dapat menyimpulkan bahwa interaksi yang terjalin pada masyarakat Golo Karot dengan pandang berjalan dengan baik. Hubungan baik tersebut dapat dilihat ketika masyarakat pandang yang menerima keberadaan orang Golo Karot yang mulai menetap di Kelurahan tangge dan juga ditunjukkan oleh masyarakat Golo Karot dimana mereka menjalin interkasi yang baik dengan masyarakat setempat demi mencapai tujuan. Meskipun awalnya pembauran yang di lakukan masyarakat keduanya tidak selalu berjalan dengan baik karena dalam proses pembauran kadang kala terjadi perbedaan seperti adat atau tradisi yang ada pada masyarakat setempat berkaitan dengan interaksi. Oleh karena itu, diharapkan kepada masyarakat golo karot dan masyarakat pandang harus saling menghargai, membantu dan bekerjasama. Hal tersebut menjadi penting dalam hidup bersama ketikan saat mereka saling membutuhkan dalam banyak hal, misalnya dalam urusan kerja, acara adat dan lain sebagainya.

Interaksi Pemukiman Kembali, Golo Karot, Masyarakat Lokal Pandang


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Antonius Romario Jerjon - Personal Name
Student ID
1703030108
Dosen Pembimbing
Aelshtri Ndandara - 1983080120091220006 - Dosen Pembimbing 1
IMANTA I PERANGINANGIN - 197408142005011002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Aelshtri Ndandara - 1983080120091220069 - Ketua Penguji
Imanta I Peranginangin - 197408142005011002 - Penguji 1
Josep Emanuel Jelahut - 196412241992031003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Jer I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA