STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN (STUDI KASUS PADA KEGIATAN PROMOSI WISATA KAMPUNG ADAT TUTUBHADA OLEH BADAN USAHA MILIK DESA RENDU TUTUBHADA KABUPATEN NAGEKEO, NTT)

Detail Cantuman

Skripsi

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN (STUDI KASUS PADA KEGIATAN PROMOSI WISATA KAMPUNG ADAT TUTUBHADA OLEH BADAN USAHA MILIK DESA RENDU TUTUBHADA KABUPATEN NAGEKEO, NTT)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Kampung Adat Tutubhada sebagai Desa wisata di Kabupaten Nagekeo dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Teori dalam penelitian Integrated Marketing Communication (IMC) oleh Don schultz dan Heidi Schltz. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan motede studi kasus dan obyek penelitian ini adalah Strategi Komunikasi Pemasaran Kampung Adat Tutubhada sebagai Desa Wisata di Desa Rendu Tutubhada, Kecamatan Aesesa Selatan Kabupaten Nagekeo Provinsi Nusa Tenggara Timur. Penelitian menggunakan paradigma interpretif memandang bahwa kebenaran realitas kehidupan tidak berdimensi tunggal, melainkan memiliki banyak sisi sehingga dapat dikaji dari berbagai perspektif Teknik pengumpulan data Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah sepuluh (10) orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Bumdes dalam melakukan pengembangan promosi strategi komunikasi pemasaran Kampung Adat Tutubhada sebagai Desa wisata di Kabupaten Nagekeo dalam meningkatkan kunjungan wisatawan dengan menggunakan iklan (advertising) yaitu memperkenalkan potensi pariwisata dengan menggunakan media cetak yakni Koran, benner, stand benner, media online seperti media sosial Whatsapp, Instagram, Twitter, Facebook. Personal selling, yaitu melakukan interaksi secara langsung dengan pengunjung. Personal selling memungkinkan timbulnya berbagi jenis hubungan mulai dari hubungan penjualan sampai ke hubungan persahabatan. Tenaga penjualan yang efektif harus terus berupaya mengutamakan kepentingan pelanggan jika mereka ingin mempertahankan hubungan jangka panjang. Promosi penjualan (sales promotion) yaitu dengan mengadakan acara-acara adat yang menghibur. Selain itu, pengelola juga mengadakan kegiatan yang bermanfaat dan juga kegiatan yang berpengetahuan tentang adat di Rendu Tutubhada. Publisitas (publcity) Publisitas yang telah dilakukan melaliu media cetak (surat kabar daerah), media elektronik. Media cetak merupakan salah satu media yang digunakan untuk mempromosikan pariwisata Kampung Adat Tutubhada.

Kata Kunci: Strategi, Promosi Pariwisata, Integrated Marketing communication


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maria Febrianti Bene - Personal Name
Student ID
1703050153
Dosen Pembimbing
Dr. Yermia Djefri Manafe., M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Fitria Titi Meilawati - 8809023419 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Yermia Djefri Manafe., M.Si - - Ketua Penguji
Fitria Titi Meilawati - 8809023419 - Penguji 1
Drs. Lukas Lebi Daga, M. Si - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
67201 BEN S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA