Upaya Dan Hambatan Pemenuhan Hak Dan Kewajiban Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Di Desa Oesena, Kecamatan Miomaffo Timur, Kabupaten Timor Tengah Utara

Detail Cantuman

Skripsi

Upaya Dan Hambatan Pemenuhan Hak Dan Kewajiban Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Di Desa Oesena, Kecamatan Miomaffo Timur, Kabupaten Timor Tengah Utara

XML

Peserta BPJS Ketenagakerjaan yang merupakan tenaga kerja berhak mendapatkan perlindungan hukum, karena hal tersebut termasuk dalam sistem jaminan sosial nasional dan adalah program negara dengan tujuan sebagai pemberi kepastian perlindungan serta kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Perlindungan hukum memiliki tujuan memberikan pengayoman kepada hak asasi manusia yang dirugikan oleh individu lainnya. Perlindungan hukum ialah berbagai usaha hukum yang wajib diberikan oleh aparat penegak hukum agar terbentuk rasa aman, baik secara fisik atau pikiran dari berbagai ancaman dari pihak manapun dan diberikan kepada masyarakat agar mereka dapat menikmati semua hak-hak yang diberikan oleh hukum. Berdasarkan perkara tersebut maka peneliti merumuskan masalah pokok yaitu: (1) Bagaimanakah upaya pemenuhan hak dan kewajiban peserta BPJS Ketenagakerjaan? (2) Apakah hambatan dalam pemenuhan hak dan kewajiban peserta BPJS Ketenagakerjaan?
Penelitian ini termasuk dalam penelitian hukum empiris yaitu sebuah metode penelitian hukum yang berupaya untuk melihat hukum dalam artian yang nyata atau dapat dikatakan melihat, meneliti bagaimana bekerjanya hukum di masyarakat, yang kemudian menggunakan pendekatan penelitian, jenis pendekatan kualitatif. Upaya penanggulangan terhadap pemenuhan hak dan kewajiban peserta BPJS Ketenagakerjaan dan Hambatan-hambatan dalam pemenuhan hak dan kewajiban peserta BPJS ketenagakerjaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) di Desa Oesena sendiri upaya pemenuhan hak dan kewajiban peserta BPJS Ketenagakerjaan sudah diterapkan namun belum maksimal sesuai dengan visi dan misi BPJS Ketenagakerjaan, hal ini dapat dilihat dari sulitnya proses klaim BPJS Ketenagakerjaan atas Jaminan Kecelakaan Kerja. Kemudian, pencairan Jaminan Hari Tua bagi peserta yang meninggal dunia atau mengalami cacat tetap harusnya dapat berlangsung lebih cepat karena sifatnya mendesak, dan banyak peserta yang tidak paham akan haknya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dikarenakan minimnya sosialisasi.
(2) Terdapat beberapa faktor yang menjadi hambatan dalam pemenuhan hak dan kewajiban peserta BPJS Ketenagakerjaan yakni faktor internal dan faktor eksternal.
Kata Kunci: Upaya Pemenuhan, Hak dan Kewajiban, Hambatan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1902010373
Dosen Pembimbing
SUKARDAN ALOYSIUS - 195909061986011001 - Dosen Pembimbing 1
YOSSIE MARIA YULIANTY YACOB - 197807072000501020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Sukardan Aloysius, SH. M. Hum - 19590906 198601 1 001 - Ketua Penguji
Yossie M. Y. Jacob, SH. M. Hum - 19780707 200501 2 001 - Penguji 1
Agustinus Hedewata, S.H., M.Si., M.Hum. - 19590828 198603 1 004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 KET U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA