Skripsi
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Ikatan Kimia Berbasis Gaya Belajar Untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA
XMLTelah dilakukan penelitian tentang pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi ikatan kimia berbasis gaya belajar untuk peserta didik kelas XI SMA/MA. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) menghasilkan LKPD model inkuiri terbimbing berbasis gaya belajar. 2) mendeskripsikan tingkat validasi LKPD model inkuiri terbimbing berbasis gaya belajar. Menghasilkan LKPD model inkuiri terbimbing pada materi ikatan kimia berbasis gaya belajar. LKPD model inkuiri terbimbing berbasis gaya belajar yang dikembangkan sudah divalidasi oleh 3 ahli materi dan 3 ahli media, kemudian di uji coba kepada perorangan sebanyak 3 peserta didik, kelompok kecil sebanyak 9 peserta didik, dan kelompok besar sebanyak 30 peserta didik. pengambilan sampel uji coba dari kelas XIA dan XIB SMAN 5 Kupang, data yang diperoleh berupa data kualitatif yang kemudian ditabulasi dan dianalisis serta diubah dalam bentuk data kuantitatif menggunakan skala likert dan untuk responden peserta didik menggunakan skala likert sehingga dapat menentukan tingkat kelayakan LKPD. Hasil penelitian pengembangan ini berupa LKPD model inkuiri terbimbing berbasis gaya belajar, yang menjelaskan materi ikatan kimia berbasis gaya belajar yang dikemas secara menarik berupa teks, gambar, dan video. Tingkat kelayakan dari hasil pengembangan LKPD model inkuiri terbimbing berbasis gaya belajar berdasarkan hasil penilaian validator 3 ahli materi dan 3 ahli media secara berturut-turut yaitu 84,89% dan 91,90%. Respon peserta didik terhadap LKPD model inkuiri terbimbing berbasis gaya belajar yang dikembangkan yaitu pada uji coba perorangan dipeoleh persentase 100,00% , uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 92,59%, dan uji coba kelompok besar diperoleh persentase 97,22%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut maka LKPD model inkuiri terbimbing berbasis gaya belajar dikategorikan sangat baik (SB). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa LKPD model inkuiri terbimbing pada materi pokok ikatan kimia berbasis gaya belajar untuk peserta didik kelas XI SMA/MA layak digunakan dalam pembelajaran kimia dan sebagai sumber belajar dalam mempelajari materi pokok ikatan kimia.
Kata kunci: Pengembangan, LKPD, Inkuiri Terbimbing, Gaya Belajar, Ikatan Kimia
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
FRENALDY BRIAN AMALO - Personal Name
|
Student ID |
2001060017
|
Dosen Pembimbing |
SUDIRMAN - 197008172006041022 - Dosen Pembimbing 1
LOLITA AGUSTA MAGDALENA PARERA - 198008092014042001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Heru Christianto - 19921213 201903 1 011 - Ketua Penguji
Lolita Agusta Magdalena Parera - 198008092014042001 - Penguji 1 Sudirman - 197008172006041022 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Kimia
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.04 AMA P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |