Persepsi Guru TK Tentang Bias Gender Dalam Pengasuhan Dan Pendidikan Anak Usia Dini Di TK Negeri Pembina Atambua

Detail Cantuman

Skripsi

Persepsi Guru TK Tentang Bias Gender Dalam Pengasuhan Dan Pendidikan Anak Usia Dini Di TK Negeri Pembina Atambua

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi para guru TK tentang bias gender dalam kegiatan pengasuhan dan pendidikan anak usia dini di TK Negeri Pembina Atambua. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subek penelitian ini adalah kepala sekolah dan 4 guru kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kepala sekolah dan guru masih menunjukkan perilaku yang bias gender terhadap anak selama kegiatan belajar di sekolah. Perilaku bias gender guru di TK Negeri Pembina Atambua yaitu penggunaan kalimat stereotipe saat menegur atau memarahi anak laki-laki atau perempuan yang melakukan kesalahan, mengabaikan anak laki-laki yang telah dianggap nakal oleh guru saat kegiatan belajar di kelas, guru menegur anak laki-laki yang nakal dengan membentak dengan keras atau dicubit sedangkan anak perempuan hanya ditegur dengan santai. Pemahaman guru tentang bias gender yang masih rendah dan dipengaruhi oleh budaya patriakat lingkungan masyarakat setempat juga sangat mempengaruhi persepsi guru tentang peran gender.
Kata kunci: Persepsi Guru; Bias Gender; Gender


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Petrus Dwi Suwaji Tafuli - Personal Name
Student ID
1701180103
Dosen Pembimbing
ANGELIKUS NAMA KOTEN - 196109161987021001 - Dosen Pembimbing 1
Engelbertus Nggalu Bali - 199905052019032019 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Vanida Mundiarti - 198003252008122003 - Ketua Penguji
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Penguji 1
Engelbertus Nggalu Bali - 199905052019032019 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86207
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.07 Taf P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA