Skripsi
Persepsi Guru TK Tentang Bias Gender Dalam Pengasuhan Dan Pendidikan Anak Usia Dini Di TK Negeri Pembina Atambua
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi para guru TK tentang bias gender dalam kegiatan pengasuhan dan pendidikan anak usia dini di TK Negeri Pembina Atambua. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subek penelitian ini adalah kepala sekolah dan 4 guru kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kepala sekolah dan guru masih menunjukkan perilaku yang bias gender terhadap anak selama kegiatan belajar di sekolah. Perilaku bias gender guru di TK Negeri Pembina Atambua yaitu penggunaan kalimat stereotipe saat menegur atau memarahi anak laki-laki atau perempuan yang melakukan kesalahan, mengabaikan anak laki-laki yang telah dianggap nakal oleh guru saat kegiatan belajar di kelas, guru menegur anak laki-laki yang nakal dengan membentak dengan keras atau dicubit sedangkan anak perempuan hanya ditegur dengan santai. Pemahaman guru tentang bias gender yang masih rendah dan dipengaruhi oleh budaya patriakat lingkungan masyarakat setempat juga sangat mempengaruhi persepsi guru tentang peran gender.
Kata kunci: Persepsi Guru; Bias Gender; Gender
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Petrus Dwi Suwaji Tafuli - Personal Name
|
Student ID |
1701180103
|
Dosen Pembimbing |
ANGELIKUS NAMA KOTEN - 196109161987021001 - Dosen Pembimbing 1
Engelbertus Nggalu Bali - 199905052019032019 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Vanida Mundiarti - 198003252008122003 - Ketua Penguji
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Penguji 1 Engelbertus Nggalu Bali - 199905052019032019 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86207
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.07 Taf P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |