Skripsi
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN PhET SIMULATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMA NEGERI 4 KUPANG
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learnig berbantuan Phet Simulatioan pada materi Laju Reaksi terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Experiment. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling sehingga diperoleh kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengumpulan data dalam penelitian metode observasi, soal tes dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan menggunakan uji Independent Sampel T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model Problem Based Learnig berbantuan phet simulation. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Sig.(2-tailed) pada t-test for Equality of Means yaitu 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansinya sebesar 0,05 (0,000 < 0,05). Besar peningkatan rata- rata N-Gain hasil belajar kelas eksperimen sebesar 0,81 lebih besar dari kelas kontrol sebesar 0,63.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning (PBL), PhET Simulation.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Tini Putri Sentosa Djara Raba - Personal Name
|
Student ID |
2001060026
|
Dosen Pembimbing |
Dewi Lestarani - 198912222019032020 - Dosen Pembimbing 1
Dorthea M. W. Nay - 199305022022032021 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dewi Lestarani - 198912222019032020 - Ketua Penguji
DORTEA M. W. NAY - - Penguji 1 Arvinda C. Lalang, S.Pd.,M.Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Kimia
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.04 Rab P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |