PERAN GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PADA MATA PELAJARAN PPKn BAGI SISWA DI SMP NEGERI SATAP OEUSAPI

Detail Cantuman

Skripsi

PERAN GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PADA MATA PELAJARAN PPKn BAGI SISWA DI SMP NEGERI SATAP OEUSAPI

XML

Rumusan Masalah 1) Bagaimana Peran Guru PPKn dalam menanamkan karekter disiplin dan tanggung jawab bagi siswa Di SMP Negeri Satap Oeusapi? 2) Bagaimana strategi yang digunakan guru dalam proses pembelajaran PPKn untuk menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab bagi siswa Di SMP Negeri Satap Oeusapi? Adapun Tujuan Penelitian Adalah 1) Mendeskripsikan peran guru PPKn tentang penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab bagi siswa Di SMP Negeri Satap Oeusapi. 2) Mendeskripsikan strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran PPKn untuk menumbuhkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di SMP Negeri Satap Ousapi.
Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, misalnya perilaku, persepsi, motifasi, tindakan, dan lain-lain secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah.
Hasil penelitian menunjukan peran guru dalam menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab pada mata pelajaran PPKn bagi siswa di SMP Negeri Satap Oeusapi yaitu sebagai pendidik, pembimbing dan teladan agar membentuk siswa menjadi disiplin dan bertanggung jawab. Strategi yang digunakan yaitu membuat aturan dan tata tertib, menjadi teladan, memotivasi siswa, menciptakan suasana kelas yang kondusif dan membiasakan siswa untuk bersikap disiplin dan bertanggung jawab. Sehingga guru PPKn sangat berperan penting dalam menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab bagi siswa.

Kata Kunci: Peran Guru, Karakter Disiplin, Karakter Tanggung Jawab, Mata Pelajaran PPKn


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SONYA MAU TELLU - Personal Name
Student ID
2001070082
Dosen Pembimbing
Fredik Lambertus Kollo, S.Pd., M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Daud Yefkanius Nassa, S.Pd., M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Leonard Lobo,M.Kes - 195912311987021005 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Tel P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA