Pengukuran Kinerja Rumah Sakit Umum Daerah Soe Dengan Metode Balanced Scorecard

Detail Cantuman

Skripsi

Pengukuran Kinerja Rumah Sakit Umum Daerah Soe Dengan Metode Balanced Scorecard

XML

Kinerja merupakan hasil pencapaian dalam mengerjakan sesuatu. Suatu instansi penting untuk mengetahui bagaimana kinerja yang diterapkan dalam instansi tersebut, apakah sudah berjalan dengan baik atau tidak. Rumah Sakit Umum Daerah SoE adalah salah satu instansi pemerintah daerah yang bergerak di bidang sektor publik dalam hal jasa kesehatan. Penelitian ini bertujuan mengetahui kinerja Rumah Sakit Umum Daerah SoE menggunakan metode Balanced Scorecard yang terdiri dari empat perspektif, yaitu perspektif keuangan, pelanggan, bisnis internal, serta pertumbuhan dan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel pelanggan sebanyak 82 orang dan sampel pegawai 72 orang.
Hasil penelitian menunjukkan total skor pengukuran kinerja RSUD SoE adalah 0,4. masuk dalam kategori cukup baik. Rincian menunjukkan bahwa 1) Perspektif keuangan; pertumbuhan pendapatan menurun dan tidak mencapai target, biaya belanja tidak melebihi anggaran belanja, terdapat silpa setiap tahunnya; 2) Perspektif pelanggan Baik 64,6 % merasa puas terhadap pelayanan; 3) Perspektif bisnis internal; terdapat inovasi baru yang dihasilkan , proses operasional dari inovasi sudah berjalan dan terus melakukan perbaikan dan kelengkapan, proses pelayanan rawat inap indikator pelayanan rawat inap belum memenuhi standar Kemenkes; 4) Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran kepuasan pegawai baik mencapai 70,8%, produktivitas pegawai pihak RS memberikan pelatihan setiap tahunnya dan retensi pegawai tidak ditemukan kasus pegawai mengundurkan diri atas kehendak sendiri. Diharapkan pihak instansi dapat meningkatkan kinerja rumah sakit dengan menghadirkan inovasi dan memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik, salah satunya dengan cara meningkatkan jumlah tenaga kesehatan dan dapat mengoptimalkan kinerja sesuai dengan porsi kerja masing masing, agar pelanggan merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan.

Keywords : Kinerja, Rumah Sakit SoE , balanced scorecard


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
HASNAWATI HUSEN - Personal Name
Student ID
1807010069
Dosen Pembimbing
MUNTASIR - 197008162000121001 - Dosen Pembimbing 1
MASRIDA SINAGA - 197706162001122001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Muntasir - 197008162000121001 - Ketua Penguji
Masrida Sinaga - 197706162001122001 - Penguji 1
Serlie K A Littik - 197709232006042002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
13101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
132.01 HUS P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA