KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SEMAU DALAM MENULIS TEKS PROSEDUR

Detail Cantuman

Skripsi

KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SEMAU DALAM MENULIS TEKS PROSEDUR

XML

Fokus penelitian ini adalah “Bagaimana kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMPN 2 Semau?”. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini adalah untuk
mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMPN 2 Semau. Teori yang digunakan yaitu Teori Normatif, Teori Menulis, Teori Konstruktivisme Sosial, dan Teori Pembelajaran Berbasis Teks, karena yang diukur dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur dengan keaktifan
siswa sendiri untuk bernalar dan mendapatkan pengetahuan melalui interaksi sosial. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini, peneliti
memilih materi tentang teks prosedur dengan mengembangkan KD 4.6 Menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks prosedur (tentang cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, membuat cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan dan isi secara lisan dan tulis. Teks
prosedur merupakan teks yang memuat tahapan membuat atau melakukan sesuatu. Jenis teks prosedur yang dipilih adalah teks prosedur kompleks tentang cara membuat kuliner khas daerah, karena pada teks ini siswa diminta untuk menjelaskan secara rinci tahapan membuat satu produk. Berdasarkan hasil analisis data terhadap 20 lembar kerja peserta didik kelas VII B dalam menulis teks prosedur berdasarkan aspek struktur, isi, dan kebahasaan dikatakan berhasil atau mampu, sebab 16 orang atau 80% siswa mampu
menulis teks prosedur dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan persentase berdasarkan aspek struktur dimana 17 orang atau 85% dari total siswa 20 orang dapat atau mampu
menulis teks prosedur, dan 15% atau 3 siswa tidak mampu dalam menulis teks prosedur. Berdasarkan aspek kebahasaan terdapat 9 orang atau 45% dari total siswa 20 orang mampu menulis teks prosedur, sedangkan 11 orang atau 55% siswa tidak mampu menulis teks prosedur. Berdasarkan aspek isi ditemukan 20 orang atau 100% siswa dapat atau mampu menulis aspek isi teks prosedur. Berdasarkan analisis di atas peneliti menyimpulkan bahwa siswa kelas VII B SMPN 2 Semau dikatakan telah mampu dalam menulis teks prosedur, karena terdapat 16 orang atau 80% dari total siswa 20 orang dikatakan tuntas dan 4 orang atau 20% siswa tidak tuntas dalam menulis teks prosedur.

KataKunci: Kemampuan, Menulis, Teks Prosedur, Konstruktivism


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Febri Yanti Manas - Personal Name
Student ID
1701010119
Dosen Pembimbing
Labu Djuli - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
Semuel H. Nitbani - 196105021989031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
I Nyoman Reteq - 196001081986011002 - Ketua Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 1
Semuel Hajai Nitbani - 196105021989031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.01 Man K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA