Skripsi
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA PADA KELAS V SD INPRES NAIKOTEN 1 KOTA KUPANG
XMLMasalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari model problem based learning terhadap hasil belajar IPA siswa pada kelas V SD Inpres Naikoten 1 Kota Kupang pada tema 5 subtema 1 dengan materi Ekosistem. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Eskperimen dengan pendekatan Kuantitatif menggunakan rancangan One group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Naikoten 1 Kota Kupang yang berjumlah 21 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling atau sampel kelompok dimana pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil seluruh siswa dikelas tertentu sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data : Observasi, tes dan dokumentasi, Jenis Instrumen Pengumpulan data : Tes. Instrumen tes berupa pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan, terlebih dahulu digunakan pengujian validitas dan realibilitas. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis yang akan digunakan untuk uji normalitas, uji homogenitas dan hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan pre-eksperimental design pada judul penelitian “ Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Inpres Naikoten 1 Kota Kupang” dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi IPA tema 5 subtema 1 tentang komponen ekosistem. Hal ini dibuktikan dengan data hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti menunjukkan bahwa adanya perbandingan dari nilai rata-rata pre-test sebesar 41,90 dan post-test sebesar 83,33. Selanjutnya hasil pengujian hipotesis menggunakan paired sampe t-test menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed)<0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa sampel menunjukkan ada pengaruh antara model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Naikoten 1 kota Kupang pada materi IPA tema 5 Subtema 1 Komponen Ekosistem
Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Vilcanofa C. Rawi - Personal Name
|
Student ID |
1901140038
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Taty R Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1 MARKUS SAMPE - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Raw P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |