PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA PADA KELAS V SD INPRES NAIKOTEN 1 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA PADA KELAS V SD INPRES NAIKOTEN 1 KOTA KUPANG

XML

Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari model problem based learning terhadap hasil belajar IPA siswa pada kelas V SD Inpres Naikoten 1 Kota Kupang pada tema 5 subtema 1 dengan materi Ekosistem. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Eskperimen dengan pendekatan Kuantitatif menggunakan rancangan One group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Naikoten 1 Kota Kupang yang berjumlah 21 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling atau sampel kelompok dimana pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil seluruh siswa dikelas tertentu sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data : Observasi, tes dan dokumentasi, Jenis Instrumen Pengumpulan data : Tes. Instrumen tes berupa pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan, terlebih dahulu digunakan pengujian validitas dan realibilitas. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis yang akan digunakan untuk uji normalitas, uji homogenitas dan hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan pre-eksperimental design pada judul penelitian “ Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Inpres Naikoten 1 Kota Kupang” dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi IPA tema 5 subtema 1 tentang komponen ekosistem. Hal ini dibuktikan dengan data hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti menunjukkan bahwa adanya perbandingan dari nilai rata-rata pre-test sebesar 41,90 dan post-test sebesar 83,33. Selanjutnya hasil pengujian hipotesis menggunakan paired sampe t-test menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed)<0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa sampel menunjukkan ada pengaruh antara model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Naikoten 1 kota Kupang pada materi IPA tema 5 Subtema 1 Komponen Ekosistem

Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Vilcanofa C. Rawi - Personal Name
Student ID
1901140038
Dosen Pembimbing
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 1
MARKUS SAMPE - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty R Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
MARKUS SAMPE - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Raw P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA