HUKUM PROGRESIF DALAM PENEGAKAN HUKUN OLEH HAKIM DI INDONESIA ( STUDI KASUS PUTUSAN PRAPERADILAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN TINGGI KUPANG )

Detail Cantuman

Tesis

HUKUM PROGRESIF DALAM PENEGAKAN HUKUN OLEH HAKIM DI INDONESIA ( STUDI KASUS PUTUSAN PRAPERADILAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN TINGGI KUPANG )

XML

ABSTRAK
HUKUM PROGRESIF DALAM PENEGAKAN HUKUM OLEH HAKIM DI INDONESIA
(Studi Kasus Putusan Praperadilan Di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Kupang)

Oleh: Melkianus Conterius Seran, Markus Y. Hage, Dhesy A. Kase, Programn Studi Ilmu Hukum, Program Pasca Sarjana, Universitas Nusa Cendana, Email: melkianusconteriusseran@gmail.com

Penegakan hukum di arahkan untuk mempertahankan status quo dan sering kali terjebak di zona logika normatif sebagai perwujudan dari prinsip kepastian hukum sehingga hukum tidak lagi bekerja untuk manusia melainkan hukum bekerja untuk dirinya sendiri. Dalam praksisnya setiap ada permasalahan hukum, yang mengemuka bukan nilai kepantasan dan keadilan yang dicapai, tetapi kepastian hukum yang mengemuka dalam praktik peradilan, dengan cara berhukum yang perpedoman pada kata-kata atau kalimat dalam teks hukum. Sehingga sering kali manusialah yang dipaksa untuk dimasukan ke dalam sekema-sekema hukum yang bersifat legalistik yang pada ujungnya berpotensi pada peminggiran nilai kepatutan, kemanfaatan dan nilai keadilan yang menjadi tujuan dari hukum progresif.
Hakim sebagai benteng terakhir penjaga keadilan dalam memutuskan suatu perkara semestinya tidak hanya berpedoman pada undang-undang semata, tetapi hakim harus progresif untuk menggali hukum yang hidup dalam masyarakat (living law) yang tidak diatur di dalam undang-undang dan selalu memperhatikan situasi konkret dan keadaan sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan deskripsi terhadap muatan prinsip hukum progresif dalam putusan praperadilan dan untuk mengevaluasi dan menganalisis penerapan hukum progresif oleh hakim dalam Putusan Praperadilan pada Pengadilan Negeri Kupang Kelas IA Nomor 3//Pid.Pra/2018/PN.KPG, Putusan Praperadilan Nomor 11/Pid. Pra/2019/PN.KPG, dan Putusan Praperadilan pada Pengadilan Negeri Atambua Kelas IB Nomor 03/Pid. Pra/2016/PN.ATB, dan Putusan Praperadilan No. 02/Pid. Pra/2016/PN.ATB. Metode penelitian yang digunakan penelitian ini adalah metode penelitian socio legal Study. Hasil penelitian ini adalah pada putusan pengadilan tersebut di atas hakim menerapkan prinsip-prinsip hukum progresif dimana hakim melakukan penemuan hukum sehingga putusan tersebut mencapai logika sosial (kemanfaatan) dan logika filosofi (keadilan).
Kata kunci: Hukum Progresif, Penegakan Hukum, Putusan Praperadilan


Detail Information

Item Type
Tesis
Penulis
Student ID
1911040002
Dosen Pembimbing
Markus Y. Hage - - Dosen Pembimbing 1
Dhesy A. Kase - 197903242005012002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Markus Y. Hage - - Ketua Penguji
Markus Y.Hage - 19650206 199003 1 002 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
ILMU HUKUM
Kontributor
Dhe - Kontributor
Karol - Kontributor
Umbu L. Pekuwali - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
741.01 SER H
Copyright
UNIVERSITAS NUSA CENDANA
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA