Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 7 KUPANG
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SMA Negeri 7 Kupang pada penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPS). Jenis penelitian ini ialah kuantitatifdeskriptif dengan sampel penelitian ialah siswa kelas XI.1SMA Negeri 7 Kupang sebagai group 1 (kelas eksperimen) dan XI.9 sebagai group 2 (kelas kontrol). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini ialah soal tes yang terdiri dari pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh adanya perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPS) dan model pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achievement Division (STAD). Selanjutnya, dengan menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPS) pada group 1 terdapat hasil belajar siswa yang lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada group 2. dibuktikan dengan nilai persentase peningkatan hasil belajar ranah kognitif CUPS 29%
Kata kunci: Model Conceptual Understanding Procedures (CUPS), Model Student Teams Achievement Division (STAD), Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Yodi Erlan Sabuna - Personal Name
|
Student ID |
1901050096
|
Dosen Pembimbing |
I Wayan Sukarjita - 196807151994031002 - Dosen Pembimbing 1
Nikodemus U. J. Hauwali - 199206192020121006 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dr. I Wayan Sukarjita - 196807151994031002 - Ketua Penguji
Nikodemus U. J. Hauwali - 199206192020121006 - Penguji 1 Yusniati H. Muh.Yusuf, S.Si., M.Pd - 198301072008122003 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.03 Sab P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |