Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN MANFAAT HEWAN BAGI KEHIDUPAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD INPRES BERTINGKAT KELAPA LIMA 1 KUPANG
XMLSkripsi oleh Natalia Nelti NIM. 1901140030 dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Dalam Pembelajaran Manfaat Hewan Bagi Kehidupan Manusia Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Inpres Bertingkat Kelapa Lima I Kupang” Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik
pengumpulan data yaitu teknik observasi dan tes, subjek dalam penelitian ini berjumlah 26 siswa. Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Bertingkat Kelapa Lima I Kupang dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I dari 26 siswa terdapat 17 siswa (65,37%) yang
sudah mencapai kriteria atau tuntas karena mampu menghafal dialog yang didemonstrasikan, bermain peran dengan baik, mampu menyampaikan pendapat mengenai informasi yang didengar pada saat bermain peran berlangsung, sedangkan 9 siswa (34,61%) belum mencapai kriteria atau belum tuntas karena belum mampu merespon atau menghafal dialog dengan baik, belum mampu bermain peran dengan baik, belum mampu menyimpulkan informasi dari skenario bermain peran. Hal ini juga dikarenakan guru masih kurang dalam menggunakan bahasa yang baik atau kurang menguasai kelas sehingga guru perlu memaksimalkan kemampuannya dalam membimbing siswa. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan karena siswa sudah mampu memahami atau menghafal dialog dengan baik, mampu bermain peran dengan baik, mampu menyampaikan pendapatnya mengenai informasi yang didengar pada saat bermain peran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran role playing dalam pembelajaran manfaat hewan bagi kehidupan manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Inpres Bertingkat Kelapa Lima I Kupang.
Kata kunci: model role playing
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Natalia Nelti - Personal Name
|
Student ID |
1901140030
|
Dosen Pembimbing |
Taty R. Koroh - 19621004 198811 2 001 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1 Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Nel P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |