PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIIA DI SMP NEGERI 4 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIIA DI SMP NEGERI 4 KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media video terhadap hasil belajar siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 4 Kupang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuntitatif dengan jenis penelitian Quasy Experimental Design atau yang biasa disebut dengan eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttest, penelitian ini memiliki dua kelompok sebagai subjek peneltian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB SMP Negeri 4 Kupang. Penentuan sampel menggunakan simple random sampling. Data yang diperoleh berupa nilai pretest-posttest. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik tes berupa soal pilihan ganda dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis menggunakan SPSS version 26 untuk melihat uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat kemudian dilanjutkan dengan uji t.
Hasil penelitian ini menunjukan beberapa hal sebagai berikut: Pertama, pada uji normalitas (uji kolmogorov-Smirnov) pada kelas eksperimen yaitu nilai sig 0.200 dan 0.160 sedangkan kelas kontrol 0.200 dan 0.162 dengan melihat dasar pengambilan keputusan yang ada pada uji normalitas dari kedua kelas tersebut memiliki nilai sig > 0.05, maka data tersebut berdistribusi normal. Kedua, Uji homogenitas untuk kedua kelas, diperoleh nilai 0.710 > 0.05 dengan melihat dasar pengambilan keputusan yang ada pada uji homogenitas data tersebut berdistribusi homogen (sama). Ketiga, uji-t dengan menggunakan rumus uji independent sampel t-test maka diperoleh nilai t= 3.343 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.001 < 0,05.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Anastasia Bue - Personal Name
Student ID
1901070133
Dosen Pembimbing
Leonard Lobo - 195912311987021005 - Dosen Pembimbing 1
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
LEONARD LOBO - 195912311987021005 - Penguji 1
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Bue P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA