Skripsi
PENGARUH MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE BERTUKAR PASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDI BERTINGKAT KELAPA LIMA 2 KOTA KUPANG
XMLSkripsi ini bertujuan untuk mengetahui motode eksperimen terhadap hasil belajar IPA materi Ekosistem kelas V SDI Bertingkat Kelapa Lima 2 Kota Kupang. dengan masalah bagaimana pengaruh Model Cooperatif Learning Tipe Bertukar Pasangan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Di SDI Bertingkat Kelapa Lima 2 Kota Kupang. Model Pembelajaran peneliti yang digunakan dalam bentuk penelitian kuanitatif desain penelitian pretest-posstest control grup design populasi yang digunakan adalah siswa kelas V SDI Bertingkat Kelapa Lima 2 Kota Kupang yang berjumlah 44 peserta didik. teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu nonprobabiility sampling. Instrument penelitian yaitu Tes berupa pretest dan posstest untuk mengukur hasil belajar. Instrument soal sebelum digunakan terlebih dahulu digunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dan digunakan untuk uji hipotesis. Penelitian ini dilaksanakkan di SDI Bertingkat Kelapa Lima 2 Kota Kupang kelas V. selanjutnya hasil pengujian hipotesis, menggunakan Paired sample T-test menunjukan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 119, hal ini menunjukan bahwa pada taraf signifikans (2-tailed) < 0,05. sesuai dengan dasar pengambilan keputusan hal ini disebabkan karena nilai sig. (2-tailed) < 0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada data pretest-posttest.
Kata Kunci : Model Cooperatif Learning Tipe Bertukar Pasangan, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Sri Jaya Putri Rihi - Personal Name
|
Student ID |
1901140229
|
Dosen Pembimbing |
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1 Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 RIH P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |