PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI BERTINGKAT NAIKOTEN MENENTUKAN POKOK PIKIRAN DALAM TEKS TULIS ORGAN GERAK MANUSIA DAN HEWAN

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI BERTINGKAT NAIKOTEN MENENTUKAN POKOK PIKIRAN DALAM TEKS TULIS ORGAN GERAK MANUSIA DAN HEWAN

XML

Skripsi oleh Maria Leka Boro, NIM 1901140115 dengan judul “Penerapan Model Discovery Learning Pada Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VA SDN Bertingkat Naikoten Menentukan Pokok Pikiran dalam Teks Organ Gerak Manusia dan Hewan”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan Model Discovery Learning dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Bertingkat Naikoten. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bertingkat Naikoten dengan subjek penelitian berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian pada tahap pra siklus menunjukkan 5 siswa mampu dalam menentukan pokok pikiran dengan rata-rata hasil belajar siswa 54,58 dan persentase ketuntasan sebesar 20,83% sedangkan 19 siswa belum mampu dalam menentukan pokok pikiran dengan persentase 79,17%. Penelitian dilanjutkan pada siklus I dengan mulai menggunakan Model Discovery Learning sehingga hasil siklus I menunjukkan 12 siswa mampu menentukan pokok pikiran dengan rata-rata hasil belajar 62,50 dan persentase ketuntasan sebesar 50% sedangkan 12 siswa belum mampu dalam menentukan pokok pikiran dengan persentase 50%. Siklus II terjadi peningkata hasil belajar dimana terdapat 22 yang mampu menentukan pokok pikiran dengan rata-rata 91, 25 dan persentase ketuntasan 91,67% sedangkan 2 siswa tidak tuntas dengan persentase 8,33%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan menentukan pokok pikiran pada teks
organ gerak manusia dan hewan dan juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA SDN Bertingkat Naikoten.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Discovery Learning, Pokok Pikiran, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maria Leka Boro - Personal Name
Student ID
1901140115
Dosen Pembimbing
LABU DJULI - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
MARKUS SAMPE - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Ketua Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 1
MARKUS SAMPE - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 BOR P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA