Skripsi
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI BERTINGKAT NAIKOTEN MENENTUKAN POKOK PIKIRAN DALAM TEKS TULIS ORGAN GERAK MANUSIA DAN HEWAN
XMLSkripsi oleh Maria Leka Boro, NIM 1901140115 dengan judul “Penerapan Model Discovery Learning Pada Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VA SDN Bertingkat Naikoten Menentukan Pokok Pikiran dalam Teks Organ Gerak Manusia dan Hewan”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan Model Discovery Learning dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Bertingkat Naikoten. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bertingkat Naikoten dengan subjek penelitian berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian pada tahap pra siklus menunjukkan 5 siswa mampu dalam menentukan pokok pikiran dengan rata-rata hasil belajar siswa 54,58 dan persentase ketuntasan sebesar 20,83% sedangkan 19 siswa belum mampu dalam menentukan pokok pikiran dengan persentase 79,17%. Penelitian dilanjutkan pada siklus I dengan mulai menggunakan Model Discovery Learning sehingga hasil siklus I menunjukkan 12 siswa mampu menentukan pokok pikiran dengan rata-rata hasil belajar 62,50 dan persentase ketuntasan sebesar 50% sedangkan 12 siswa belum mampu dalam menentukan pokok pikiran dengan persentase 50%. Siklus II terjadi peningkata hasil belajar dimana terdapat 22 yang mampu menentukan pokok pikiran dengan rata-rata 91, 25 dan persentase ketuntasan 91,67% sedangkan 2 siswa tidak tuntas dengan persentase 8,33%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan menentukan pokok pikiran pada teks
organ gerak manusia dan hewan dan juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA SDN Bertingkat Naikoten.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Discovery Learning, Pokok Pikiran, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Maria Leka Boro - Personal Name
|
Student ID |
1901140115
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Ketua Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 1 MARKUS SAMPE - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 BOR P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |