IMPLEMENTASI NILAI KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB DALAM PERILAKU SISWA/SISWI KELAS VIII A PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI 11 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

IMPLEMENTASI NILAI KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB DALAM PERILAKU SISWA/SISWI KELAS VIII A PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI 11 KUPANG

XML

Rumusan Masalah Penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi nilai kemanusiaan yang adil dan beradab dalam perilaku siswa/siswi kelas VIIIA pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 11 Kupang (2) Apa faktor penghambat implementasi nilai kemanusiaan yang adil dan beradab dalam perilaku siswa/siswi kelas VIIIA pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 11 Kupang (3) Apa faktor pendukung implementasi nilai kemanusiaan yang adil dan beradab dalam perilaku siswa/siswi kelas VIIIA pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 11.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan implementasi nilai kemanusiaan yang adil dan beradab dalam perilaku siswa/siswi kelas VIIIA pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 11 Kupang (2) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat implementasi nilai kemanusiaan yang adil dan beradab dalam perilaku siswa/siswi kelas VIIIA pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 11 Kupang (3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung implementasi nilai kemanusiaan yang adil dan beradab dalam perilaku siswa/siswi kelas VIIIA pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 11 Kupang.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang dikumpulkan baik data primer maupun data sekunder yang diperoleh langsung di lapangan analisis dengan cara merangkai hal-hal pokok, menyajikan data kedalam bentuk kalimat yang mudah dipahami, dan menarik kesimpulan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian adalah
kepala sekolah, guru mata pelajaran PPKn, dan siswa/sisiwi kelas VIIIA SMP Negeri 11 Kupang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dalam Perilaku Siswa/Siswi Kelas VIIIA Pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 11 Kupang di dalam diri peserta didik harus ada tindakan dimana tindakan itu didasari oleh perilaku yang tidak sewenang-wenang terhadap sesama peserta didik dan kepada guru. Rasa kemanusiaan diimplementasikan dalam pembelajaran dan praktek sehingga peserta didik lebih mendalami dan memahami nilai kemanusiaan apalagi dilingkungan sekolah. Peserta didik diajarkan nilai kemanusiaan agar tidak membuat mereka kurang berinteraksi dengan teman. Untuk itu peserta didik disekolah diajarkan cara menghargai orang lain, dengan demikian nilai kemanusiaan bisa terwujud dalam pikiran dan tindakan, dan dimulai dari lingkungan sekitar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maria Klarita Renga - Personal Name
Student ID
1901070134
Dosen Pembimbing
Leonard Lobo - 195912311987021005 - Dosen Pembimbing 1
Fredik L. Kollo - 199208112020121016 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Ketua Penguji
LEONARD LOBO - 195912311987021005 - Penguji 1
Fredik Lambertus Kollo - 199202082022031009 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Nga I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA