Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Belajar Dan pembelajaran Berbasis Pembelajaran Daring Di Pendidikan Teknik Elektro Universitas Nusa Cendana Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Belajar Dan pembelajaran Berbasis Pembelajaran Daring Di Pendidikan Teknik Elektro Universitas Nusa Cendana Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah Ada Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar MahasiswaPada Mata Kuliah Belajar Dan PembelajaranBerbasis Pembelajaran Daring Di Pendidikan Teknik Elektro Universitas Nusa Cendana; (2) Seberapa Besar Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar MahasiswaPada Mata Kuliah Belajar Dan PembelajaranBerbasis Pembelajaran Daring Di Pendidikan Teknik Elektro Universitas Nusa Cendana.
Penelitian ini menggunakan Metode penelitian Ex Post Facto. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner minat dan juga nilai hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear sederhana. Analisis regresi linear sederhana adalah metode statistik yang berfungsi untuk menguji sejauh mana hubungan sebab akibat antara variabel faktor penyebab (X) terhadap variabel akibatnya yang dengan bantuan aplikasi Statistical Product and Service Solution (SPSS).
Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana nampak bahwa thitung memiliki nilai sebesar 3,747 sedangkan ttabel sebesar 2,042. Oleh karena thitung> ttabel (3,747 > 2,042). Nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,382 % atau 38,2%, maka ada pengaruh secara signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah belajar dan pembelajaran berbasis pembelajaran daring di pendidikan Teknik Elektro Universitas Nusa Cendana. Pengaruh tersebut dapat dilihat dari nilai koefisien regresi yaitu sebesar 0,435 atau 43,5%. Jadi semakin baik minat belajar maka semakin baik pula hasil belajar mahasiswa karena setiap mahasiswa memiliki perbedaan dalam cara memperoleh, menyimpan dan menerapkan ilmu yang diperoleh. Hal ini berkaitan dengan perbedaan karakteristik dari dalam diri mahasiswa dalam memproses sejumlah informasi yang diperolehnya.


Detail Information

Item Type
Penulis
Maria Imelda Parera - Personal Name
Student ID
1401130021
Dosen Pembimbing
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 1
ZET YULIUS BAITANU - 197703232005011001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Ketua Penguji
Zet Yulius Baitanu - 197703232005011001 - Penguji 1
CRISPINUS PAULUS TAMAL - 9900979841 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Teknik Elektro
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.01 Par P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA