Implementasi Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Merdeka Belajar Kampus Merdeka Tahun 2021-2022 (Studi kasus di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana)

Detail Cantuman

Skripsi

Implementasi Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Merdeka Belajar Kampus Merdeka Tahun 2021-2022 (Studi kasus di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana)

XML

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan program yang diluncurkan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makarim. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) merupakan salah satu fakultas di Universitas Nusa Cendana yang telah menerapkan program tersebut. Program yang akan diteliti ini ialah Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). FISIP Undana memiliki lima program studi diantaranya Program studi Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Administrasi Bisnis, Sosiologi, Ilmu Politik dan juga Ilmu Komunikasi. Program ini diharapkan agar mahasiswa memiliki wawasan akademik budaya yang baik setelah mengikuti program ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana. Penelitian ini membahas 4 indikator menurut teori Edward III yaitu komunikasi (communicattion), sumber daya (resource), disposisi (dispositions) dan struktur birokrasi (structur birocracy). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan informan berjumlah 23 orang terdiri dari PIC program PMM, dosen modul nusantara, mahasiswa outbound, mahasiswa inbound dan operator MBKM. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi serta menggunakan teknik triangulasi dalam menganalisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi program pertukaran mahasiswa merdeka di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana, belum sepenuhnya berjalan dengan baik, dimana prodi ilmu administrasi bisnis, ilmu sosiologi dan ilmu politik merupakan prodi dengan peminat paling sedikit di FISIP Undana, ketidakjelasan informasi terkait dengan program PMM di prodi ilmu sosiologi, sumber daya sarana dan prasarana yang belum lengkap, untuk indikator disposisi sudah berjalan dengan baik. Namun dalam sub fokus struktur birokrasi. masih terdapat beberapa kendala teknis seperti dosen modul nusantara yang mengalami kesulitan dalam pembuatan laporan kauangan dan juga koordinator prodi ilmu komunikasi yang belum paham terkait konversi nilai.
Kata Kunci: Implementasi, FISIP, MBKM, Program, PMM


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YUMITA INDRIYANI NGGEON - Personal Name
Student ID
2003010213
Dosen Pembimbing
HENDRIK TODA - 198312042009121005 - Dosen Pembimbing 1
Aspri Budi Oktavianto - 19851021202012004 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hendrik Toda - 198312042009121005 - Ketua Penguji
Aspri Budi Oktavianto - 19851021 202012 1 004 - Penguji 1
Maria Magdalena Lino - 196312071990032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 NGG I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA