PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDK ANUGERAH HAUKOTO

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDK ANUGERAH HAUKOTO

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media tiga dimensi pada permbelajaran matematika materi bangun ruang, mengetahui peningkatan aktivitas siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media tiga dimensi pada pembelajaran matematika materi bangun ruang, serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media tiga dimensi pada pembelajaran matematika materi bangun ruang. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, tes, dan dokumentasi, dengan subjek penelitian sebanyak 8 orang siswa. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan mencari persentase dari data yang telah dikumpulkan kemudian diklasifikasikan ke dalam perumusan yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilaksanakan di SDK Anugerah Haukoto dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I dari jumlah siswa 8 orang yang tuntas 5 orang (62,5%). Keberhasilan dari 8 orang siswa karena dapat memperhatikan penjelasan guru, mengerjakan LKPD secara kelompok dengan baik, mengerjakan soal tes dengan benar, dan mampu mengikuti rangkaian kegiatan pembelajaran dengan baik. Sedangkan 3 orang siswa tidak tuntas (37,5%). Ketidakberhasilan belajar siswa tersebut dipengaruhi
oleh faktor kurangnya perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga berpengaruh pada hasil belajarnya. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas 8 orang dengan persentase 100%.Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbantuan media tiga dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan terjadinya peningkatan nilai maksimal ketuntasan yang ada pada siklus II yakni 100%. Dengan demikian, model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media tiga dimensi sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika khususnya pada materi bangun ruang.
Kata Kunci : Discovery Learning, Media tiga dimensi, Hasil belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Pamela Naomi Sortuy - Personal Name
Student ID
1901140266
Dosen Pembimbing
WARA SABON DOMINIKUS - 196708041993031003 - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Wara Sabon Dominikus - 196708041993031003 - Ketua Penguji
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Penguji 1
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Sor P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA