Skripsi
PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SUMBER DAN ENERGI KELAS IV SD GMIT MAKU KABUPATEN ROTE NDAO
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model learning cycle terhadap hasil belajar peserta didik materi Sumber dan Energi kelas IV SD GMIT Maku Kabupaten Rote Ndao. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian PreExperimental Design. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas IV yang berjumlah 12 orang. Teknik dan instrumen pengumpulan data berupa tes dan lembar observasi keterlaksanaan model. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai KKM pada pembelajaran dengan menerapkan model learning cycle yaitu mencapai 83,33 lebih tinggi dari pada sebelum diberikan perlakuan yang hanya mencapai 57,91. Hasil pengujian hipotesis, menggunakan paired sampel t-test
diperoleh t-hitung sebesar 9,612 yang artinya > dari ttabel 1796. Maka terdapat pengaruh yang signifikan antara model learning cycle terhadap hasil belajar siswa di SD GMIT Maku Kabupaten Rote Ndao.
Kata kunci: Learning Cycle; Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Winda A. Anabokay - Personal Name
|
Student ID |
1901140375
|
Dosen Pembimbing |
Marsi D.S. Bani - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Ketua Penguji
Marsi D. S. Bani - 198203142008121001 - Penguji 1 Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Ana P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |