STRATEGI KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PENGELOLA UPTD PPA DALAM MENANGANI KELOMPOK PEREMPUAN DAN ANAK SEBAGAI KORBAN KEKERASAN (Studi Kasus Pada UPTD PPA Provinsi NTT)

Detail Cantuman

Skripsi

STRATEGI KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PENGELOLA UPTD PPA DALAM MENANGANI KELOMPOK PEREMPUAN DAN ANAK SEBAGAI KORBAN KEKERASAN (Studi Kasus Pada UPTD PPA Provinsi NTT)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi komunikasi antarpribadi pengelola UPTD PPA dalam menangani korban kekerasan dan untuk mengetahui faktor yang mendorong dan menghambat proses komunikasi antarpribadi pengelola UPTD PPA dengan kelompok perempuan dan anak sebagai korban kekerasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Penelitian ini berfokus pada strategi komunikasi antarpribadi pengelola UPTD PPA dalam menangani kelompok perempuan dan anak sebagai korban kekerasan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelola UPTD PPA menerapkan strategi komunikasi antarpribadi dalam menangani korban kekerasan dengan tujuan yang ingin dicapai ialah pengungkapan diri korban yang mana strategi tersebut didukung dan dipengaruhi oleh kelima elemen penting dalam komunikasi yakni komunikator, pesan, media, komunikan, dan efek pesan. Pengelola UPTD PPA sebagai komunikator menyampaikan pesan yang bersifat edukatif, informatif, dan memotivasi kepada korban kekerasan sebagai komunikan. Pesan-pesan tersebut disampaikan baik secara langsung menggunakan media atau saluran suara, mimik wajah, dan gestur tubuh serta komunikasi tidak langsung dengan media komunikasi kedua yaitu telepon genggam. Komunikasi antarpribadi yang terjalin pada akhirnya menghasilkan efek atau respon dari korban kekerasan dengan mulai membuka diri dan mengungkapkan diri, masalah serta kebutuhannya. Pengungkapan diri yang dilakukan oleh korban menunjukkan bahwa strategi komunikasi antarpribadi yang diterapkan oleh pengelola UPTD PPA berhasil karena telah mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Komunikasi Antarpribadi, Studi Kasus, Pengelola UPTD PPA, Korban Kekerasan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2003050041
Dosen Pembimbing
LUKAS LEBI DAGA - 195911121987021001 - Dosen Pembimbing 1
MARIA YULITA NARA - 198905182019032024 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Lukas Lebi Daga - 195911121987021001 - Ketua Penguji
MARIA YULITA NARA - 198905182019032024 - Penguji 1
Monika Wutun - 198301112014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Uma S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA