Pengalaman Pasien Dalam Pemanfaatan Layanan Rawat Jalan Di Poliklinik Bedah RSUD S. K. Lerik Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengalaman Pasien Dalam Pemanfaatan Layanan Rawat Jalan Di Poliklinik Bedah RSUD S. K. Lerik Kota Kupang

XML

Pengalaman pasien merupakan evaluasi pengalaman berharga dari kepuasan seseorang terhadap proses dan layanan dari sudut pandang pasien. Berdasarkan ulasan pengguna google mengenai RSUD S. K. Lerik seorang pasien mengungkapkan bahwa telah menunggu dari pukul 08.00-12.00 WITA namun tidak mendapatkan pelayanan dan mengakibatkan nyeri lambung pasien kumat sehingga dirawat di unit UGD. Kegiatan observasi awal di RSUD S. K. Lerik yang dilakukan selama tiga hari, yaitu pada tanggal 15-17 November 2022 didapatkan adanya keterlambatan pelayanan yang disebabkan pelayanan baru dimulai ketika dokter berada di dalam poliklinik bedah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman pasien rawat jalan terhadap pelayanan di Poli Bedah RSUD S. K. Lerik Kota Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan model penelitian fenomenologi. Informan dalam penelitian ini berjumlah delapan orang yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian pengalaman pasien terhadap tujuh aspek yaitu akses, perasaan pasien, penanganan, sikap tenaga kesehatan, dukungan, hambatan dan harapan ditemukan dua kategori pengalaman. Pertama, pengalaman yang dikategorikan baik yaitu akses sarana yang mudah, lingkungan bersih dan aman, komunikasi antara tenaga medis dan pasien yang baik, tenaga medis selalu menjaga kebersihan tangan, waktu pemeriksaan cepat, pasien mendapat dukungan secara emosional. Kedua, pengalaman yang dikategorikan kurang baik yaitu pasien BPJS membeli cairan infuse dan kain kasa dengan biaya pribadi, komunikasi pasien dengan petugas rawat inap kurang baik, TV tidak digunakan, waktu tunggu lama, dan waktu pelayanan tidak dimulai tepat waktu. RSUD S. K Lerik Kota Kupang diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan untuk pegalaman pasien yang lebih baik saat memanfaatkan layanan kesehatan.

Kata Kunci : Pengalaman Pasien, Poliklinik Bedah, Rawat Jalan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
TRIYANTI SERAN - Personal Name
Student ID
1907010096
Dosen Pembimbing
DOMINIRSEP OVIDIUS DODO - 198609122008121002 - Dosen Pembimbing 1
MASRIDA SINAGA - 197706162001122001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dominirsep Ovidius Dodo - 198609122008121002 - Ketua Penguji
Masrida Sinaga - 197706162001122001 - Penguji 1
Muntasir - 197008162000121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
13101
Edisi
Published
Departement
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
132.01 SER P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA