IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI PROFIL PELAJAR PANCASILA (GOTONG ROYONG) DI SMA NEGERI 1 SABU BARAT

Detail Cantuman

Skripsi

IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI PROFIL PELAJAR PANCASILA (GOTONG ROYONG) DI SMA NEGERI 1 SABU BARAT

XML

Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah yang 1) Bagaimana Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Profil Pelajar Pancasila (gotong royong) di SMA Negeri 1 Sabu Barat. 2) Bagaimana Peran guru dalam mengimplementasikan Nilai Pancasila melalui Profil Pelajar Pancasila (gotong Royong) di SMA Negeri 1 Sabu Barat. Dengan tujuan 1) Untuk mendeskripsikan Implementasi Nilai-nilai Pancasila melalui Profil Pelajar Pancasila (gotong royong) di SMA Negeri 1 Sabu Barat. 2) Untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengimplementasikan Nilai -nilai Pancasila melalui Profil Pelajar Pancasila (gotong royong) di SMA Negeri 1 Sabu Barat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini melakukan wawancara dengan Kepala sekolah, guru PPKn, dan siswa SMA Negeri 1 Sabu Barat.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru PPKn dalam mengimplementasi nilai Pancasila melalui Profil Pelajar Pancasila dimensi gotong royong pada siswa ialah Guru PPKn menjadi contoh dan teladan bagi siswa dalam menenamkan sikap gotong royong. Guru PPKn memberikan pemahaman, pembimbingan, dan motivasi terhadap siswa baik dalam kelas maupun di luar kelas tentang pentingnya gotong royong. Setiap jam Pelajaran PPKn berlangsung guru PPKn tidak hanya menyampaikan materi tetapi selalu menasehati, membimbing dan mendorong siswa pentingnya melakukan gotong royong. Sebelum memulai pembelajaran guru PPKn melakukan pembiasaan dengan memberikan arahan untuk memperhatikan sampah-sampah atau kertas kotor di sekeliling tempat duduk masing-masing di pungut buang pada tempat sampah yang sudah di sediakan. Guru PPKn juga melakukan piket kelas dan kerja bakti (jumat bersih). Guru melakukan kegiatan yang di lakukan untuk menanamkan sikap gotong royong yaitu melakukan pembelajaran dengan metode diskusi (Kerja Kelompok) sehingga siswa dapat berkolaborasi dalam didkusi untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.
Kata Kunci: Implementasi, Nilai-Nilai Pancasila, Profil Pelajar Pancasila, gotong royong.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YANUS GA RADJA - Personal Name
Student ID
2001070031
Dosen Pembimbing
Fredik Lambertus Kollo, S.Pd., M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Daud Yefkanius Nassa, S.Pd., M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Leonard Lobo,M.Kes - 195912311987021005 - Ketua Penguji
Fredik Lambertus Kollo, S.Pd., M.Pd - - Penguji 1
Daud Yefkanius Nassa, S.Pd., M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Rad. I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA