Implementasi Layanan Aplikasi Pusaka (Pusat Layanan Keagamaan) Di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manggarai

Detail Cantuman

Skripsi

Implementasi Layanan Aplikasi Pusaka (Pusat Layanan Keagamaan) Di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manggarai

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi Layanan Aplikasi PUSAKA (Pusat Layanan Keagamaan) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manggarai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Layanan Aplikasi PUSAKA (Pusat Layanan Keagamaan) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manggarai ada yang sudah berjalan efektif dan ada yang belum berjalan efektif ditinjau dari 4 indikator implementasi ( George C. Edwards III dalam Jehdeng,2021) ,yaitu : (1) Komunikasi, Proses komunikasi dalam implementasi layanan aplikasi PUSAKA di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manggarai menunjukkan keberhasilan. Penyampaian informasi, kejelasan, dan konsistensi dalam komunikasi telah membantu pemahaman masyarakat. Meskipun demikian, perlu upaya berkelanjutan untuk meratakan sosialisasi, meningkatkan partisipasi masyarakat, dan memastikan informasi tersebar merata di seluruh wilayah. Secara keseluruhan, implementasi aplikasi PUSAKA telah berhasil dalam aspek komunikasi. (2) Sumberdaya, Implementasi Aplikasi PUSAKA di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manggarai menunjukkan upaya serius dalam mengelola sumberdaya manusia, anggaran, dan fasilitas. Penyesuaian tim pelayanan, alokasi anggaran khusus, serta penyediaan fasilitas dasar seperti komputer dan Wi-Fi mencerminkan keseriusan dan komitmen dalam menjalankan program pelayanan keagamaan dengan memanfaatkan teknologi. Meskipun demikian, tantangan aksesibilitas masih perlu diperhatikan untuk memastikan layanan dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat, termasuk yang belum terbiasa atau tidak memiliki akses terhadap teknologi. Dari alokasi segi anggaran masih dikatakan minim hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti jarak yang jauh antara wilayah ditiap kecamatan dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi yang memerlukan dana transportasi yang cukup besar. (3) Disposisi atau Sikap Pelaksana, Sikap pelaksana, khususnya para admin Aplikasi PUSAKA, menunjukkan fokus pada profesionalisme, ketelitian, dan responsif terhadap kebutuhan pengguna. Meskipun terdapat kesalahan, langkah-langkah untuk perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan telah diimplementasikan dengan baik. (4) Struktur Birokrasi, Struktur birokrasi dalam implementasi Layanan Aplikasi PUSAKA di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manggarai telah diterapkan dengan baik dalam penggunaan aplikasi PUSAKA, memberikan petunjuk yang jelas bagi staf administratif dan pengguna aplikasi. Fragmentasi tanggung jawab dan koordinasi yang baik antar pegawai menciptakan efisiensi dalam pelaksanaan layanan.
Kata Kunci : Implementasi, Layanan Aplikasi PUSAKA, Kantor Kementerian Agama, Kabupaten Manggarai.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SIMPLISIUS JEDAUT - Personal Name
Student ID
2003010185
Dosen Pembimbing
JACOBA DAUD NIGA - 196004061987022001 - Dosen Pembimbing 1
ADRIANA RODINA FALLO - 197403062009122001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Jacoba Daud Niga - 196004061987022001 - Ketua Penguji
Adriana Rodina Fallo - 197403062009122001 - Penguji 1
Nursalam - 196410091991031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 JED I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA