Skripsi
Strategi Public Relations Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Timur (Studi Deskriptif Bidang Pemasaran Pariwisata Dalam Mempromosikan Kuburan Megalitikum Sebagai Objek Wisata)
XMLKatrina Utu Lendi, Strategi Public Relations Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Timur (Studi Deskriptif Bidang Pemasaran Pariwisata Dalam Mempromosikan Kuburan Megalitikum Sebagai Objek Wisata), dibimbing oleh Lukas Lebi Daga dan Maria Yulita Nara
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui startegi public relations yang gunakan oleh bidang pemasaran pariwisata pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Timur dalam mempromosikan kuburan megalitikum sebagai objek wisata. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi deskriptif. Penelitian ini berfokus kepada strategi public relations Dinas Pariwissata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Timur bidang pemasaran pariwisata dalam mempromosikan kuburan megalitikum yang menjadi objek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang digunakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Timur dalam mempromosikan kuburan megalitikum sebagai objek wisata yakni menggunakan tiga strategi menurut Ruslam yaitu strategi publikasi melalui platform media sosial seperti facebook, instagram, youtube, wordpress, website resmi, dengan cara memanfaatkan fitur promosi berupa iklan, foto, dan video, untuk menyajikan informasi kepada public. Kedua strategi operasional dengan cara melakukan pendekatan kemasyarakatan melalui mekanisme social cultural mengenai nilai-nilai yang berlaku dimasyarakat, seperti etika, moral, tradisi, adat-istiadat dan nilai-nilai kebudayaan yang dianut oleh masyarakat, yang bertujuan agar tindakan-tindakan atau kegiatan-kegiatan promosi yang akan dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Timur tidak bertentangan dengan nilai-nilai budaya yang ada dan berkembang dalam lingkungan masyarakat. Dan ketiga strategi persuasif dilakukan dengan cara melakukan pendekatan atau memberi sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya promosi objek wisata kuburan megalitikum yang dapat menjadi salah satu destinasi atau tujuan wisata, yakni masyarakat dapat melakukan promosi dengan cara mempublikasikan segala hal yang berkaitan dengan objek wisata kuburan megalitikum misalnya tradisi penarikan batu kubur, sampai pada proses pemakaman dan lain-lain, melalui akun media sosial masing-masing, atau dengan cara memberi hastag pada akun resmi milik Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Timur, serta komunikasi langsung dengan wisatawan yang datang berkunjung.
Kata kunci: Strategi Public Relations, Pemasaran Pariwisata, Kuburan Megalitikum
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Katrina Utu Lendi - Personal Name
|
Student ID |
2003050043
|
Dosen Pembimbing |
LUKAS LEBI DAGA - 195911121987021001 - Dosen Pembimbing 1
Maria Yulita Nara,S.Sos,M.I.Kom - 198905182019032024 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Drs.Lukas Lebi Daga,M.Si - 195911121987021001 - Ketua Penguji
Maria Yulita Nara, S.Sos., M.I.Kom - 198905182019032024 - - Penguji 1 Dr. Petrus Ana Andung, S.Sos, M.Si - 19740207 200801 1 012 - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
70201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Komunikasi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
702.01 Len S
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |