Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI 10 KUPANG
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn.
Penelitian ini merpakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Non-equivalent Control Group Design, Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung pada saat proses pembelajaran berlangsung di kelas dan data sekunder yang diperoleh dari data Sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis data penelitian menunjukan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dengan menggunakan metode konvensional (kontrol) memperoleh nilai rata – rata 60 sedangkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri (eksperimen) memperoleh nilai rata – rata sebesar 80. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,388 ˃ 2,045. Yang menyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini membuktikan bahwa Model Pembelajaran Inkuiri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Ino Lilifan Sakan - Personal Name
|
Student ID |
2001070114
|
Dosen Pembimbing |
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Dosen Pembimbing 1
MARSI DEVID SETYAWAN BANI - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Fredik Lambertus Kollo - 199202082022031009 - Ketua Penguji
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Penguji 1 Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 kan P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |