PEMBINAAN KARAKTER NASIONALISME PADA SISWA KELAS VIII DI SMP KATOLIK GABRIEL WANIBESAK KABUPATEN MALAKA

Detail Cantuman

Skripsi

PEMBINAAN KARAKTER NASIONALISME PADA SISWA KELAS VIII DI SMP KATOLIK GABRIEL WANIBESAK KABUPATEN MALAKA

XML

Peneliti ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pembinaan Karakter Nasionalisme pada siswa Kelas VIII di SMP Katolik Gabriel Wanibesak dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menghambat Pembinaan Karakter Nasionalisme pada Siswa Kelas VIII di SMP Katolik Gabriel Wanibesak.
Penelitian ini menggunakan cara pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari informan melalui wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari data Sekolah. Metode pengumpulan informasi yang digunakan ialah observasi, wawancara dengan dokumentasi.
Hasil peneliti ini menunjukan beberapa hal sebagai berikut: 1) Pembinaan Karakter Nasionalisme pada siswa kelas VIII sudah diterapkan melalui kegiatan pembelajaran seperti, cinta tanah air contohnya melakukan upacara bendera. Patut pada peraturan, disiplin, berani dan jujur. 2). Faktor penghambat yaitu Kendala yang pertama adanya siswa yang memplesetkan pancasila saat pembacaan, yang dimana siswa tersebut kurang mengerti makna dari pancasila, sehingga dengan entengnya mereka membuat lelucuan dari pancasila. Untuk anak-anak seperti ini harus diberikan hukuman yang setimpal karena tidak menghormati pembacaan pancasila bagi indonesia. Kedua banyak siswa yang tidak
konsentrasi saat upacara seperti mengobrol adalah bentuk ketidak tahuan mereka tentang makna pelaksanaan upacara. Solusi untuk masalah ini adalah siswa tersebut harus dinasehati dan diberitau bahwa melaksanakan upacara adalah bentuk penghormatan bagi para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Herlinda Bano Nahak - Personal Name
Student ID
2001070112
Dosen Pembimbing
Leonard Lobo - 195912311987021005 - Dosen Pembimbing 1
Meryana M. Doko - 9908419686 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Ketua Penguji
LEONARD LOBO - 195912311987021005 - Penguji 1
Meryana M. Doko - 9908419686 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 hak P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA