Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Website Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sel Kelas XI di SMA Negeri 4 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Website Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sel Kelas XI di SMA Negeri 4 Kupang

XML

Penelitian ini adalahpenelitian pengembangan bertujuan untuk mengembangan bahan ajar berbasis website untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pengembangan ini difokuskan pada materi sel, sebagai sumber atau media belajar dalam memecahkan masalah pembelajaran dan mengetahui kelayakan bahan ajar berbasis website dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sel dikelas XI SMA Negeri 4 Kupang yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini digunakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 4 Kupang. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar validasi produk, angket respon guru, respon peserta didik dan lembar soal pretest-posttest. Bahan ajar berbasis website divalidasi oleh 6 ahli yaitu 3 ahli materi, dan 3 ahli media, sedangkan untuk respon guru dan peserta didik akan dinilai oleh 2 orang guru biologi dan peserta didik SMA Negeri 4 Kupang yaitu ujicoba kelompok kecil 10 orang dan ujicoba kelompok besar 30
orang peserta didik. Data yang diperoleh dianalis secara deskriptif.
Hasil penelitian diperoleh bahwa pengembangan bahan ajar berbasis website sangat valid dengan nilai rata-rata 3,85 untuk instrumen penilaian 3,73 untuk materi yang disajikan, dan 3,71 untuk media yang disajikan. Hasil penilaian guru dan peserta didik terhadap bahan ajar berbasis website ini yaitu ujicoba kelompok kecil termasuk kategori “sangat baik” dengan presentase 82,5% dan 90% dan ujicoba kelompok besar termasuk kategori “sangat baik” dengan presentase 92,5%. Berdasarkan penilaian ujicoba kelompok besar menunjukan bahwa bahan ajar berbasis website ini dapat berpengaruh baik dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata 47,5 menjadi 81,83 dengan kategori baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis website materi sel kelas XI SMA Negeri 4 Kupang layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar Website, Materi Sel


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
DIANA ANITA SIANTE - Personal Name
Student ID
1901040057
Dosen Pembimbing
Paulus Taek - 19600626 199512 1 001 - Dosen Pembimbing 1
YUSNAENI - 197502032000122001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andam S Ardan - 197205271999032001 - Ketua Penguji
PAULUS TAEK - - Penguji 1
Yusnaeni - 197502032000122001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 SIA P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA