Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Perizinan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Perizinan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis indeks kepuasan masyarakat dalam pelayanan perizinan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pendekatan deskriptif kuantitatif mampu menjelaskan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap program yang dilaksanakan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa perhitungan Indeks Kepuasan Masyarakat yang mengacu pada KEPMENPAN Nomor 14 Tahun 2017, maka diperoleh angka indeks sebesar 77,55 yang berada pada interval 76,61-88,30 sehingga kinerja unit pelayanan berada pada tingkat “B” atau BAIK dengan indikator sebagai berikut: 1) Persyaratan pelayanan pengurusan PBG di Kantor DPMPTSP Kota Kupang berada pada tingkat sangat baik, ini membuktikan bahwa persyaratan yang diberikan mudah dipahami dan juga persyaratan tersebut sudah sesuai dengan jenis pelayanan yang diterima oleh masyarakat. 2) Sistem, mekanisme dan prosedur pengurusan PBG di Kantor DPMPTSP Kota Kupang berada pada tingkat sangat baik, ini membuktikan bahwa pelayanan yang diberikan oleh petugas kepada masyarakat itu sudah baik, respon petugaspun juga baik dan juga bahwa prosedur pengurusan PBG tidak berbelit- belit. 3) Waktu penyelesaian pengurusan PBG di Kantor DPMPTSP Kota Kupang berada pada kategori sangat baik. 4) Biaya atau tarif pengurusan PBG di Kantor DPMPTSP Kota Kupang memiliki kategori sangat baik, hal ini menunjukkan bahwa biaya yang diperlukan untuk pengurusan PBG masih tergolong biaya yang wajar. 5) Produk spesifikasi jenis pelayanan PBG di Kantor DPMPTSP Kota Kupang berada pada kategori baik, hal ini menunjukkan bahwa produk yang didapat oleh masyarakat sudah sesuai dengan jenis pelayanan produk dalam hal ini adalah surat persetujuan bangunan gedung. 6) Kompetensi pelaksana penurusan PBG di Kantor DPMPTSP Kota Kupang memiliki kategori sangat baik, hal ini membuktikan bahwa kompetensi petugas dalam memberikan pelayanan sudah baik dan juga kemampuan petugas dalam berkomunikasi dengan masyarakat sudah baik. 7) Perilaku pelaksana pelayanan pengursan PBG di Kantor DPMPTSP Kota Kupang berada pada kategori sangat baik, ini menunjukkan bahwa petugas sudah ramah, sopan serta adil dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. 8) Penanganan pengaduan, saran dan masukan berada pada tingkat sangat baik. Kantor DPMPTSP sudah cepat dan tepat dalam menanggapi keluhan dari masyarakat. 9) Sarana dan prasarana Kantor DPMPTSP Kota Kupang memiliki kategori sangat baik, kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kupang membuktikan bahwa sarana dan prasarana yang tersedia sudah sesuai dan juga kenyamanan dan kebersihan Kantor DPMPTSP sudah sangat baik.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Virginia Ines sare - Personal Name
Student ID
1903010121
Dosen Pembimbing
David B.W.Pandie - 196410141989011001 - Dosen Pembimbing 1
Yaherlof FoEh - 196205251989012001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
David B.W Pandie - 196112121986011001 - Ketua Penguji
foeh - - Penguji 1
Dr. William Djani, M.Si - 19641014198901 1 001 - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Sar A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA